Sehatnya Masakan dari Sumsum Tulang Kambing | DiaryHijaber.com

Writer : Ulfa Arieza Editor : BL

Sehatnya Masakan dari Sumsum Tulang Kambing

Menu protein hewani, tidak melulu didapat dari daging lho Hijaber. Sumsum tulang pada kambing maupun sapi juga kaya akan gizi yang setara dengan dagingnya. Sayangnya, masih sedikit orang yang mengetahui manfaatnya tersebut, sehingga beranggapan bahwa sumsum pada tulang kambing adalah sisa hidangan. Berikut ulasan tentang manfaat sumsum tulang kambing bagi tubuh.

Membantu Perkembangan Otak

Sumsum tulang kambing mempunyai kadar protein tinggi  yang dapat memberi nutrisi pada otak. Utamanya pada anak kecil yang sedang mengalami masa pertumbuhan. Asupan gizi dari sumsum tulang kambing dapat menjadikan anak kecil menjadi pintar.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Imune system dalam tubuh salah satunya didapat dari sel punca myeloid dan limfoid. Kedua sel tersebut merupakan precursor dalam pembentukan sel darah putih, sehingga menghasilkan sistem kekebalan tubuh. Kita dapat menemukan sel punca myeloid dan limfoid dalam sumsum tulang kambing lho Hijaber. Jadi tidak diragukan lagi kalau sumsum tulang kambing dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Mencegah Penyakit Kanker

Sumsum tulang diketahui sebagai sumber utama alkilgliserol yang berperan penting dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Alkilgliserol menstimulasi proses apoptosis  atau proses penghancuran sel-sel kanker dengan sendirinya secara selektif, tanpa merusak sel yang sehat. Selain menstimulasi proses apoptosis, alkilgliserol juga dapat memperkuat sistem imune tubuh.

Memperkuat Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Kandungan nutrisi pada sumsum tulang kambing lainnya, adalah mineral. Jenis mineralyang terkandung dalam sumsum tulang kambing meliputi, kalsium, zat besi, zinc, selenium, magnesium dan mangan. Mineral – mineral tersebut berguna untuk memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

Setelah Hijaber mengetahui manfaat dari sumsum tulang tulang kambing, sekarang kita akan membahas hidangan lezat berbahan dasar sumsum tulang kambing. Sebenarnya, sumsum tulang kambing dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan, seperti tulang bakar, bumbu asam pedas, dan gulai. Tetapi untuk menghasilkan kandungan gizi yang maksimal, cara memasak yang tepat adalah dengan direbus sehingga menghasilkan kaldu. Dengan demikian, kita dapat mengolah sumsum tulang kambing menjadi sop. Berikut adalah resep sop sumsum tulang kambing yang dapat Hijaber coba di rumah.

www.qraved.com

Bahan-bahan:

    300 gram tulang sumsum kambing

    1 buah kentang

    1 buah wortel

    2 batang daun bawang & seledri

    1/2 buah tomat merah

    Air secukupnya

 Bumbu tumis:

    2 siung bawang putih

    1/2 buah bawang bombay, iris

    Lada secukupnya

    Pala secukupnya

    Garam secukupnya

    Gula pasir secukupnya

    1 butir cengkih

    3 sendok makan minyak sayur

Cara memasak:

    Rebus tulang kambing, usahakan semua tulang tenggelam dalam air

    Haluskan semua bumbu, kecuali irisan bawang bombay

    Tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan minyak sayur

    Masukkan bumbu tumis ke dalam rebusan daging

    Tambahkan potongan kentang dan  wortel dalam rebusan

    Setelah sop mendidih, masukkan potongan tomat, daun bawang, dan selederi

   Angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng.

Hal yang perlu menjadi perhatian Hijaber ketika memilih sumsum tulang kambing adalah sumsum tulang dari kambing yang dibesarkan secara alami. Dengan demikian akan terbebas dari bahan – bahan kimia. Karena bahan – bahan kimia tersebut cenderung ditimbun dalam lemak, termasuk dalam sumsum tulang kambing.



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top