Resep Keripik Bayam yang Renyah | DiaryHijaber.com

Writer : Ulfa Arieza Editor : BL

Resep Keripik Bayam yang Renyah

536 kali dilihat

Apa Hijaber masih ingat dengan tokoh kartun Popeye? Kartun Popeye menggambarkan seorang pelaut yang gemar memakan bayam. Setelah makan bayam, Popeye mempunyai kekuatan penuh untuk melawan bajak laut. Popeye mengajarkan kita kalau bayam adalah sayuran yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Bayam mengandung gram protein, karbohidrat, zat besi ,dan kalsium. Bayam juga kaya akan berbagai macam vitamin dan mineral, yakni vitamin A, vitamin C, niasin, thiamin, fosfor, riboflavin, natrium, kalium dan magnesium. Manfaat dari kandungan gizi dan nutrisi bayam tersebut adalah untuk mencegah kanker, menjaga kesehatan mata, menguatkan tulang, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan risiko diabetes, mencegah anemia, anti-oksidan, dan masih banyak lainnya.

Ada dua jenis bayam yang sering kita jumpai, yaitu bayam merah dan bayam hijau. Bayam biasanya diolah dengan cara dioseng atau disayur. Namun, olahan tersebut tidak membuat bayam bertahan lama. Sayur dan oseng bayam hendaknya segera dihabiskan setelah matang, maksimal lima jam setelah selesai dimasak. Hal tersebut dianjurkan karena semakin lama masakan bayam didiamkan, maka semakin tinggi kadar nitritnya. Bila bereaksi dengan zat besi pada sel darah merah, bisa menyebabkan hemogoblin kesulitan mengikat oksigen, sehingga tubuh kita pun kekurangan oksigen. Selain itu, kita juga sangat tidak dianjurkan untuk memanaskan kembali sayur adan oseng bayam. Pemanasan berulang-ulang dapat mengoksidasi kandungan besi di dalam bayam. Proses oksidasi tersebut berpotensi mengubah kandungan zat besi menjadi racun.

Solusi cerdas mengolah bayam agar tahan lama serta tidak berbahaya bagi tubuh adalah dengan membuat kripik bayam. Olahan bayam yang satu ini sering kita jumpai di toko terdekat. Namun, apabila Hijaber mempunyai stock bayam yang cukup banyak di rumah, Hijaber dapat membuat keripik bayam di dapur sendiri. Berikut adalah resep untuk menghasilkan keripik bayam yang renyah.

id.priceaz.com

Bahan – bahan:

   40 – 50 lembar daun bayam hijau

   80 gram tepung kanji

   400 gram tepung beras

   Garam secukupnya

   Air secukupnya

   Minyak goreng

Bumbu:

   5 – 6 siung bawang putih

   5 – 6 siung bawang merah

   5 butir kemiri

   Penyedap rasa, secukupnya

Cara memasak:

   Cucil daun bayam, kemudian tiriskan dan pastikan tak ada lagi air yang menempel pada daun.

   Campurkan bahan-bahan utama, sembari menuangkan air sedikit demi sedikit sambil di aduk. Usahakan adonan tidak terlalu encer.

   Haluskan semua bumbu hingga menjadi rata.

   Campurkan adonan bahan utama dengan bumbu. Aduk hingga merata.

   Balut daun bayam dengan adonan hingga permukaan daun bayam tertutup adonan secara sempurna.

   Goreng daun bayam dengan api kecil. Setelah adonan tepung berwarna kecoklatan, lalu angkat dan tiriskan.

Keripik daun bayam sudah siap untuk di santap sebagai cemilan yang sehat.



RELATED ARTICLE