Resep Ebi Katsudon ala Resto Jepang | DiaryHijaber.com

Writer : Ulfa Arieza Editor : BL

Resep Ebi Katsudon ala Resto Jepang

Kalau kita berkunjung ke restoran Jepang, pasti Hijaber akan menemukan katsudon dalam daftar menu. Katsudon sebetulnya adalah salah satu jenis donburi Jepang, atau makanan Jepang yang terdiri dari nasi putih dengan berbagai macam lauk di atasnya seperti ikan, daging dan sayur-sayuran. Donburi selalu dihidangkan di dalam mangkuk besar. Selain katsudon, ada banyak jenis donburi lainnya, seperti fukagawadon, gyudon, tendon, karedon, ikuradon, unidon, dan masih banyak lagi.

Katsudon menjadi makanan rumah yang umum disajikan oleh masyarakat Jepang. Katsudon dapat ditemukan hampir di semua kota di Jepang. Perlu kita ketahui bahwa resep katsudon asli Jepang mayoritas menggunakan daging babi sebagai lauknya. Namun, bukan berarti kita tidak dapat mencicipi lezatnya katsudon. Banyak restoran Jepang di Indonesia yang berkreasi dalam membuat katsudon sesuai dengan selera pelanggannya. Mereka mengganti daging babi dengan daging ayam atau udang. Katsudon yang menggunakan daging ayam kemudian dinamakan chicken katsudon, sedangkan yang menggunakan daging udang disebut dengan ebi katsudon.

Ebi katsudon yang banyak kita temui di restoran Jepang tampak menggungah selera. Udang gorengnya sangat gurih dalam balutan tepung krispi. Ukurannya cukup besar, sehingga dapat membuat perut kita kenyang. Walaupun tampak rumit, sebenarnya sangat mudah untuk membuat ebi katsudon. Cukup dengan mempraktekkan resep ebi katsudon berikut, Hijaber dapat menyajikan ebi katsudon ala restoran Jepang di rumah.

www.thewoksoflife.com

Bahan – bahan:

    200 gram udang segar, cincang kasar

    1 sendok makan tepung sagu

    1 siung bawang putih, haluskan

    2 buah putih telur

    1 sendok teh kecap ikan

    1/4 sendok teh garam

    Minyak goreng secukupnya

Bahan celupan ebi:

    2 butir telur, kocok lepas

    50 gram tepung panir kasar

Cara membuat:

Campur semua bahan hingga merata, lalu tuang di loyang yang sudah diolesi dengan minyak dan diberi lapisan plastik wrap.

Kukus adonan selama kurang lebih 20 menit. Setelah matang potong adonan dengan ukuran 4x4   cm.

Celupkan adonan yang telah dipotong dalam telur, lalu balut permukaan adonan dengan tepung panir kasar.

Terakhir, goreng adonan hingga berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Ebi katsudon disantap bersama nasi putih dengan taburan wijen, saus dan mayonaise. Selamat mencoba!



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top