Resep Cheese Dip yang Lumer di Mulut | DiaryHijaber.com

Writer : Ulfa Arieza Editor : BL

Resep Cheese Dip yang Lumer di Mulut

1.702 kali dilihat

Makanan seringkali terasa hambar jika dimakan sendirian, sehingga kita sering menambahkan saus sebagai pelengkap. Jenis saus yang ditambahkan pastinya disesuaikan dengan makanannya. Saus yang kita temui biasanya dijual instan dalam kemasan. Bagi Hijaber yang bosan dengan saus – saus instan tersebut, cobalah untuk membuat saus keju atau cheese dip di rumah Anda. Saus keju tak kalah enaknya dengan saus – saus lain, juga tak kalah lezatnya dengan olahan keju yang lain. Berikut adalah resep saus keju yang menjadikan makanan semakin istimewa.

www.seriouseats.com

Bahan – bahan:

   250 ml susu full cream

   30 gram unsalted butter

   15 gram tepung terigu

   100 gram keju cheddar yang berwarna kuning

   Garam secukupnya

Cara membuat:

   Hangatkan susu full cream dalam apii sedang, jangan sampai mendidih.

   Lelehkan unsalted butter, lalu tabur tepung terigu, aduk hingga menjadi roux.

   Tuang susu yang sudah dihangatkan, aduk sampai agak mengental.

   Masukkan keju cheddar, aduk hingga rata.

   Tambahkan garam, sesuai selera.

Beberapa tips berikut diperlukan untuk mendapatkan saus keju yang kekentalannya pas, tidak terlalu gosong, dan tidak menggumpal.

Pertama, gunakan api kecil, sehingga Hijaber dapat mengontrol kematangan saus keju dengan mudah. Api yang terlalu besar membuat adonan mudah gosong. Api kecil juga bermanfaat untuk mencegah adonan saus keju tidak pecah. Hijaber juga harus mengaduk terus menerus ketika saus keju dimasak agar adonannya tidak pecah.

Kedua, masak roux hingga matang. Roux adalah campuran mentega leleh dan tepung terigu sebagai bahan dasar saus keju. Hijaber harus memastikan bahawa roux matang sempurna hingga berwarna kuning keemasan. Apabila roux tidak matang sempurna, saus keju akan terasa seperti tepung terigu.

Ketiga, masukkan keju dan susu sedikit demi sedikit. Cara ini membuat adonan saus keju tidak menggumpal. Sebaiknya, keju dan susu disimpan di dalam suhu rungan sehingga teksturnya lebih mudah untuk dicampurkan.

Terakhir, gunakan susu full cream atau susu dengan kandungan lemak yang lebih tinggi. Dengan dimikian dihasilkan saus keju yang tekturnya lebih lembut dan creamy.

Saus keju dapat disantap bersama berbagai hidangan seperti, tortilla, kentang goreng, keripik kentang, donat, roti, dan lain – lain. Selain proses memasak yang mudah, home made saus keju ini lebih terjamin. Selamat mencoba!



RELATED ARTICLE