Menu Penyetan, Sederhana Tapi Bikin Ketagihan | DiaryHijaber.com

Writer : Ulfa Arieza Editor : BL

Menu Penyetan, Sederhana Tapi Bikin Ketagihan

1.435 kali dilihat

Makan enak tak harus dengan menu mewah. Itulah kiranya yang kita dapati ketika menyantap menu – menu penyetan. Sederhana saja, lauk pauk digoreng atau dibakar kemudian dipenyet bersama sambal. Hijaber dapat memilih level pedas dan jenis sambal yang diinginkan. Sambal penyetan memang identik dengan sambal pedas, tetapi tidak membuat perut melilit. Rasanya semakin nikmat dengan nasi hangat yang masih mengepul. Sebagai pelengkap, ada lalapan sayur, seperti kemangi, terong bulat, timun, dan kubis. Dijamin, menu penyetan mampu membuat Hijaber menghabiskan nasi satu piring penuh.

Menu penyetan kebanyakan dijumpai di Jawa, karena sambalnya juga berasal dari olahan sambal Jawa. Penyetan mudah kita jumpai dijual di pinggir jalan, biasanya warung penyetan hanya berupa tenda sederhana. Tapi karena menu penyetan yang pas di lidah, beberapa restoran mulai menawarkan menu – menu penyetan. Apa saja menu penyetan yang banyak menjadi favorit masyarakat Indonesia? Yuk kita simak ulasannya di bawah ini.

Ayam Penyet

www.resepumami.com

Ayam penyet adalah racikan ayam yang paling banyak digemari oleh masyarakat, dibandingkan ayam opor atau ayam balado. Ayam yang sudah dibumbui kemudian digoreng dan dipenyet dengan sambal. Rasa gurih ayam sangat pas dipadukan dengan sambal penyetan.

Tempe Tahu Penyet

www.ratukuliner.com

Pasangan tahu dan tempe selalu menjadi lauk yang pas dengan menu apapun. Kalau biasanya kita menyantap tempe dan tahu dengan digoreng, tak ada salahnya kita coba menu tempe tahu penyet. Sederhana saja, setelah tempe dan tahu digoreng garing, kita penyet bersama sambal. Dijamin, cita rasa lauk pauk khas Indonesia ini semakin lezat.

Lele Penyet

dpenyetzbatam.com

Lele adalah jenis ikan darat yang mudah didapat. Harganya juga terjangkau sehingga dapat kita santap sehari – hari. Meskipun demikian lele mengandung banyak protein yang berguna bagi tubuh. Tak heran kalau penyetan lele menjadi menu penyetan yang banyak dicari. Daging lelenya sangat gurih, cocok dengan sambal dan lalapan.

Telur Penyet

witnifood.blogspot.com

Apa masakan telur kesukaan Hijaber? Telu goreng? Telur rebus? Tapi pernahkan Hijaber mencoba telur penyet? Kalau belum, maka Hijaber wajib mencobanya. Telur goreng ternyata semakin lezat jika dinikmati dengan sambal. Kita bisa memilih telur dadar atau telor ceplok. Bahkan beberapa penjual menjual telur penyet menggunakan telur rebus utuh.  

Ampela Ayam Penyet

fokusbisnis.com

Tak hanya daging ayam, ampela ati juga bisa jadi menu penyetan lezat. Bahkan, segenggam ampela ati mempunyai kadar gizi yang lebih tinggi dibandingkan dagingnya, utamanya karena ampela tidak mengandung lemak. Rasa ampela juga sangat enak dipenyet bersama sambal.



RELATED ARTICLE