DiaryHijaber
Mengenai Jenis Beberapa Tempe Indonesia | DiaryHijaber.com

Writer : Ulfa Arieza Editor : BL

Mengenai Jenis Beberapa Tempe Indonesia

Siapa yang tak kenal dengan tempe, salah satu lauk pauk yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tempe mudah diolah menjadi berbagai jenis hidangan, selain itu tempe juga mengandung gizi yang diyakini dapat membunuh bakteri dalam tubuh. Harga tempe relatif murah, sehingga dapat dijangkau oleh semua kalangan. Jenis tempe yang selama ini kita kenal adalah tempe kedelai. Tapi ternyata masih banyak jenis tempe lain. Berikut adalah jenis-jenis tempe yang dapat dikonsumsi.

Tempe Kedelai

Tempe jenis ini adalah tempe yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Bahan bakunya adalah kedelai yang menjadi salah satu komoditi pangan Indonesia selain padi dan jagung. Kacang kedelai kemudian melalui proses fermentasi sebelum menjadi tempe. Proses fermentasi tempe kedelai melalui bantuan jamur Rhizopus Oligosporus. Jamur ini juga menjadikan tempe mudah dicerna dan zat gizinya lebih mudah diserap tubuh.

Tempe Benguk

Selain kacang kedelai, ternyata ada jenis tempe yang menggunakan kacang –kacangan lain, seperti biji benguk yang berasal dari kacang koro. Besar biji benguk kira –kira sebesar biji kopi dan berwarna keabu-abuan. Sehingga tempe benguk yang dihasilkan juga berwarna keabu-abuan.

Tempe Gembus

Tempe gembus dibuat dari sari tahu atau ampas tahu. Untuk menghasilkan gembus, ampas tahu diolah denga cara diberi ragi dan dibungkus plastik, kemudian bungkusan ampas tahu tersebut didiamkan selama semalam.

Tempe Lamtoro

Tanaman lamtoro atau biasa dikenal dengan petai China mempunyai biji – biji kecil di dalamnya. Tumbuhan ini banyak digunakan sebagai pohon penghijauan untuk mencegah erosi tanah agar tidak terjadi banjir dan tanah longsor. Selain digunakan untuk sayuran ternyata biji lamtoro dapat diolah menjadi tempe. Rasanya hampir serupa dengan tempe kedelai.

Tempe Kacang Hijau dan Kacang Merah

Jenis kacang – kacangan lain yang dapat dijadikan bahan baku tempe adalah kacang hijau dan kacang merah. Tempe kacang hijau dan kacang merah mempunyai banyak kandungan gizi yang serupa dengan tempe kedelai. Selain itu tempe kacang dan kacang merah terbukti mampu menurunkan kolestrol.



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top