Masakan Sunda yang Masih Tetap Menggugah Selera | DiaryHijaber.com

Writer : Ulfa Arieza Editor : BL

Masakan Sunda yang Masih Tetap Menggugah Selera

498 kali dilihat

Kuliner Sunda adalah kekayaan kuliner Nusantara yang masih banyak kita temukan hingga sekarang. Keberadaannya tidak lekang dengan berbagai makanan modern yang datang. Ciri masakan khas Sunda adalah dimasak tanpa menggunakan santan dan tanpa bumbu yang kental. Sangat berbeda dengan masakan Minangkabau yang kental dengan santan dan bumbu. Masakan Sunda lebih banyak menghadirkan bahan–bahan yang masih segar. Beberapa sayuran bahkan dimakan dalam keadaan mentah sebagai lalapan. Cita rasa masakan Sunda terkesan lebih sederhana dengan dominan rasa gurih, asin, asam segar, manis ringan, dan pedas.

resepmasakansunda.wordpress.com

Hijaber, masakan Sunda terasa lebih nikmat apabila disantap menggunakan tangan. Tenang saja, karena penjualnya selalu menyediakan air kobokan yang diberi irisan jeruk nipis untuk memudahkan pelanggan. Jika mendatangi rumah makan Sunda kita tidak akan dipersilahkan duduk di kursi melainkan duduk lesehan di atas tikar. Cara ini adalah cara bersantap tradisional khas rakyat Sunda.

Lalu apa saja menu khas makanan Sunda? Dalam satu paket masakan Sunda, biasanya terdiri dari beberapa lauk pauk dan disantap bersama nasi. Berikut adalah hidangan–hidangan wajib yang kita temukan dalam menu makanan Sunda.

Ikan tawar dan ikan laut. Rakyat Sunda sangat gemar menyantap ikan. Jenis ikan yang banyak diolah dalam masakan Sunda adalah ikan mas, gurami, ikan nila, dan lele. Sedangkan ikan lautnya adalah ikan asin, ikan teri, cumi–cumi, dan ikan peda asin. Ikan tersebut dimasak menggunakan campuran  bumbu sederhana dengan cara dibakar atau digoreng. Sebagai pelengkap, ikan disajikan bersama sambal dan kecap manis.

Pais atau pepes. Adalah makanan Sunda yang dimasak dalam bungkusan daun pisang. Bahan pepes terlebuh dulu dilumuri dengan bumbu. Pepes yang paling banyak digemari adalah pepes ikan.

Daging ayam. Rakyat Sunda juga gemar menyantap daging ayam. Ayam bakar khas Sunda yang banyak ditemukan dalam sajian masakan Sunda adalah bakakak hayam. Terkadang ayam juga dimasak pepes atau dijadikan sup ayam.

Empal. Adalah olahan daging merah yang meliputi daging sapi, kambing, kerbau yang diberi bumbu dan gula jawa. Daging kemudian digoreng hingga empuk. Olahan daging yang empuk inilah yang disebut dengan empal. Empal disajikan bersama taburan bawang goreng.

Karedok. Olahan sayur yang sering kita dapati dalam masakan Sunda adalah karedok, yaitu campuran sayur-sayuran mentah lalu disiram bumbu kacang tanah yang gurih dan sedikit pedas. Sayuran yang digunakan seperti, kacang panjang, kol, terong bulat, tauge, ketimun dan daun kemangi.

Sayur Asam. Sayur asam melengkapi menu Sunda yang didominasi oleh menu–menu kering. Kuah sayur asam yang segar sangat cocok disantap bersama ikan goreng atau bakar.

Cah kangkung. Jenis sayuran lain yang menjadi favorit dalam masakan Sunda adalah cah kangkung. Kuah bumbunya yang gurih sangat pas disantap bersama nasi panas dan lauk lainnya. Cah kangkung dimasak segar, sehingga kangkung tidak terlalu layu.

Sambal Terasi dan Lalapan. Kedua pasangan makanan ini hadir sebagai pelengkap menu ikan dan daging. Aroma khas terasi yang gurih menambah nikmatnya makanan Sunda.

Demikian Hijabers, menu khas Sunda yang seringkali kita dapati. Masakan Sunda banyak menjadi pilihan keluarga yang datang beramai–ramai. Dengan menyantap beramai–ramai suasananya akan menjadi lebih hangat dan cita rasa masakan Sunda menjadi lebih lezat.



RELATED ARTICLE