Makanan Otentik Beberapa Daerah di Indonesia | DiaryHijaber.com

Writer : Ulfa Arieza Editor : BL

Makanan Otentik Beberapa Daerah di Indonesia

464 kali dilihat

Mengaku pecinta kuliner? Belum afdol jika belum pernah mencoba list makanan di bawah ini. simak, makanan unik dan otentik asli Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Papeda

Papeda adalah makanan unik asli Nusantara yang dapat ditemukan di daerah Indonesia bagian Timur, seperti Sulawesi, Maluku dan Papua. Papeda adalah makanan pokok yang paling beda dari makanan pokok masyarakat di Nusantara lainnya, wujudnya padat, kental dan lengket seperti lem. Cara memakannya pun tiak menggunakan sendok namun menggunakan bamboo yang dipotong sepertu sumpit.  Makanan dengan bahan utama sagu ini biasa disantap dengan lauk ikan dan sup berwana kuning ini

Sambel

Sambal adalah saus khas Indonesia dengan bahan utama yang berasal dari cabai yang dilumatkan sehingga keluar kandungan sari cabe yang berasa pedas dan ditambah bahan-bahan lain seperti garam dan terasi. Walaupun sambal berasal dari Indonesia namun setiap daerah mempunyai ciri khas masing-masing dalam penyajianya contohnya sambal yang berasal dari daerah Sumatra barat yang biasa disebut samba lado hijau atau sambal ala padang yang dibuat dari potongan kasar cabe hijau dan cabe rawit hijau atau sambal terasi khas daerah  sunda.

Soto Betawi

Soto betawi adalah salah satu kuliner khas Nusantara yang berasal dari daerah Betawi.Yang membedakan soto Betawi dengan yang lainya adalah dari segi bahan dan pembuatanya.Soto betawi terbuat dari daging sapi asli dan aneka rempah yang ditambahkan seperti jahe,kunyit,bawang merah,bawang putih ,kemiri sehingga menghasilkan cita rasa yang menarik.Cara penyajian bisa dilengkapi dengan potongan tomat,irisan bawang daun,seledri dan taburan bawang goreng.Juga bisa ditambagkan dengan 1 sendok makan minyak samin untuk menambah cita rasa lebih nikmat. Soto betawi termasuk unik karena terkadang kuahnya dicampur dengan susu sapi. Bayangkan, bumbu rempah yang diaduk dalam susu sapi segar yang dasarnya manis, namun hasil akhirnya soto betawi tidak lagi manis susu, melainkan rasa gurih yang unik dan otentik. Rasa gurih yang unik dan otentik inilah yang menjadikan soto betawi masuk dalam jajaran makanan unik dari Indonesia.

Cireng

Cireng merupakan makanan khas Nusantara yang berasal dari daerah priangan atau lebih tepatnya Kota Bandung.Makanan ringan khas daerah sunda ini dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji atau tepung tapioca. Bahan makanan ini antara lain terdiri dari tepung kanji, tepung terigu, air, merica bubuk, garam, bawang putih, kedelai, daun bawang dan minyak goreng.Seiring berjalanya  waktu cireng kini bertramformasi menjadi berbagai varian rasa mulai dari cireng ayam yang berpadu baik dengan suwiran ayam dicampur oleh bumbu pedas yang membuat cireng ini  menjadi lebih nikmat disantap. Cireng memiliki varian lain seperti cimol yang memiliki bentuk lebih  kecil dari cireng dan digoreng sebelum disantap. Keduanya memilki rasa yang sama, namun cireng bisa diberi isi sedangkan cimol tidak karena bentuk kecil. Hal yang membuat unik dari cireng ini adalah kesederhanaannya, di mana makanan ini hanya terbuat dari tepung pati yang di goreng, just it. Namun memiliki rasa yang begitu lezat.

Dari keempat makanan di atas mungkin Papeda yang sulit ditemukan di pulau selain daerah Indonesia bagian Timur. Mungkin ada juga Hijabers yang tidak menyukai pedas, sehingga tidak pernah makan sambal sejak lahir. Kenyataanya makanan unik di Indonesia menyesuaikan lidah masyarakat setempat. Sehingga untuk beberapa masyarakat luar tidak bisa merasakan kenikmatannya karena mungkin saat itu pengalaman pertama makan makanan unik tersebut. Walaupun terlihat tidak enak, cobalah untuk mencicipi makanan unik dan otentik ini, untuk menjadi masyarakat Indonesia seutuhnya.



RELATED ARTICLE