Lezatnya Kreasi-Kreasi Cumi Ini! | DiaryHijaber.com

Writer : Intan Kirana Editor : Someone

Lezatnya Kreasi-Kreasi Cumi Ini!

Cumi. Masakan satu ini memang tidak pernah absen untuk membuat lidah bergoyang. Selain punya rasa gurih alami, cumi juga praktis untuk dimakan. Tidak mengherankan kalau banyak orang yang suka sama kuliner laut yang satu ini.

 Oh ya, Hijabers juga bisa lho mengkreasikan cumi menjadi berbagi makanan yang lezat! Nah, penasaran tidak, bisa jadi apa saja sih, cumi ini?  Yuk kita simak beberapa kreasi masakan dari cumi yang praktis dan bisa kamu coba di rumah:

1.Cumi bumbu telur asin

Cumi yang umami, telur asin yang gurih, perpaduan keduanya menciptakan sebuah masakan yang enak dan membuat kita semua ketagihan. Cara membuatnya pun juga tidak sulit lho, Hijabers! Seperti ini langkah pembuatannya:

- Potong cumi dengan bentuk ring setebal 1 cm

- Rendam cumi ke dalam campuran satu sendok makan jeruk nipis, satu sendok makan minyak wijen, setengah sendok teh garam, dan setengah sendok teh merica. Diamkan sekitar 15 menit.

- Lapisi cumi dengan campuran bahan-bahan ini: 75 gram tepung maizena, setengah sendok teh garam, setengah sendok teh merica, dan setengah sendok baking powder.

- Goreng cumi di atas api sedang hingga berwarna kuning keemasan, kemudian sisihkan

- Tuangkan mentega, bawang putih, dan cabai keriting yang sudah dipotong-potong hingga halus, tambahkan saus tiram, merica, gula pasir. Kemudian, masukkan kuning telur asin, aduk hingga halus. Tambahkan cumi goreng dan aduk hingga bumbu merata sempurna. Angkat dan sajikan

 

2. Keripik cumi

Cumi tidak hanya bisa dimasak menjadi hidangan utama lho! Menjadi cemilan pun juga tetap lezat dan menggugah selera. Nah, kalau Hijabers bosan dengan snack yang itu-itu saja, Hijabers bisa membuat snack keripik dari cumi lho! Ini dia langkah-langkahnya:

- Blender cumi-cumi, bawang merah, bawang putih, kaldu, garam dan telur hingga halus

- Campur adonan tersebut dengan tepung terigu dan tepung kanji, lalu uleni hingga menjadi adonan yang padat

- Gilas adonan dan bentuk sesuai selera. Jangan terlalu tebal agar snack tidak pepat.

- Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan

 

  1. Cumi Bakar

Bosan dan sebah dengan makanan yang digoreng? Hijabers bisa mencoba cumi bakar, dan rasanya tentu saja tidak kalah enak. Caranya? Sangat mudah dan bisa dipelajari oleh kamu yang belum terbiasa memasak lho!

- Aduk hingga rata saus tomat, kecap jamur, air perasan jeruk nipis, merica bubuk, garam, serta bawang putih dan bawang merah yang telah dihaluskan

- Masukkan cumi yang telah dipotong-potong ke dalam bumbu tersebut

- Simpan ke dalam kulkas selama kurang lebih satu jam

- Masak cumi hingga setengah matang, angkat

- Panggang cumi hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan

***

Bagaimana Hijabers? Mudah dan bervariasi bukan? Cumi juga bisa lho menjadi pilihan makanan bagi kamu yang ingin berdiet. Jadi, tunggu apa lagi?

 

 

 



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top