Kekayaan Cita Rasa Mie Nusantara | DiaryHijaber.com

Writer : Ulfa Arieza Editor : BL

Kekayaan Cita Rasa Mie Nusantara

348 kali dilihat

Kuliner Indonesia sangat kaya akan cita rasa. Meskipun terbuat dari bahan dasar yang sama, setiap daerah mempunyai ciri khasnya masing – masing. Hijaber, berikut adalah olahan mie nusantara yang sangat beragam. Olahan mie ini bahkan telah menjadi ikon kuliner tiap – tiap daerah. Penasaran bukan? Mari kita jelajahi kekayaan cita rasa mie Nusantara berikut ini.

Mie Aceh

aningasalnulis.com

Jelajah kuliner mie nusantara kita mulai dari ujung barat Indonesia, Provinsi Aceh. Olahan mie Tanah Serambi Mekkah ini terkenal hampir di seantero Nusantara, kita biasa menyebutnya dengan Mie Aceh. Menu Mie Aceh tersaji dalam dua jenis, mie kuah dan mie goreng. Bumbu yang digunakan adalah campuran berbagai rempah – rempah. Kuahnya, hampir serupa dengan kuah rendang yang berwarna merah kental. Bahan utama mie yang digunakan adalah mie berukuran besar. Sebagai campuran Mie Aceh adalah udang, cumi – cumi, jamur, daging, dan kepiting. Hijaber dapat memilih campuran tersebut sesuai selera.

Mie Celor

www.kokicafe.com

Setelah membahas olahan Mie khas Aceh, sekarang kita beralih ke daerah Palembang. Olahan mie khas Sumatra Selatan dinamakan Mie Celor. Dinamakan Mie Celor karena mie ini diaduk atau dalam Bahasa Palembang dicelor bersama santan, udang dan telur. Mie Celor disajikan bersama telur rebus, irisan daging udang dan taburan bawang goreng. Mie yang digunakan adalah mie berukuran besar serupa dengan Mie Aceh. Gurihnya santan kelapa terasa begitu lezat ketika dinikmati bersama mie dan campuran lainnya.

Mie Kocok

resepmasakanonline.com

Menjelajahi Pulau Jawa kita akan mendapatkan berbagai menu mie istimewa. Mie Kocok salah satunya. Mie Kocok ini berasal dari Bandung. Ciri khas Mie Kocok adalah kuah kaldu sapi kental dan kikil sapi. Di beberapa tempat, Mie Kocok diberi tambahan sumsum sapi. Mie yang digunakan adalah mie kuning, ukurannya lebih kecil dibandingkan Mie Aceh dan Mie Celor. Tapi tenang saja Hijaber, rasa Mie Kocok tak kalah lezat, terutama kuah kaldunya yang sangat terasa.

 Mie Ongklok

kelanakecil.wordpress.com

Apa Hijaber pernah mengunjungi dataran tinggi Dieng? Kalo iya, pasti sudah tidak asing lagi dengan mie yang satu ini. Mie Ongklok adalah mie khas dataran tinggi Dieng, Wonosobo yang banyak dijajakan di jalanan Dieng. Mie yang digunakan adalah mie kuning diberi campuran kol rebus dan kuah dari tepung kanji. Di atas olahan Mie Ongklok diberi taburan daun kucai, bawang goreng, dan cabai rawit. Biasanya Mie Ongklok disantap bersama sate ayam dengan bumbu kacang manis. Lezatnya Mie Ongklok dalam keadaan hangat sangat pas dengan hawa dingin dataran tinggi Dieng.

Mie Kering Makassar

virginmojito.wordpress.com

Indonesia Timur memang selalu punya olahan makanan yang unik, tak terkecuali dengan yang satu ini, Mie Kering Makassar. Mie ini adalah ikon khas kuliner Makassar yang wajib Hijaber cicipi jika mengunjungi Kota Angin Mamiri.  Mie yang disajikan terlebih dulu digoreng kering seperti kerupuk, sehingga disebut mie kering. Lalu, mie disiram dengan kuah panas. Campuran tekstur kering mie yang disiram kuah panas menghasilkan mie yang lembut tapi tetap renyah. Kuahnya pun istimewa, seperti kuah capcay dengan sayuran dan potongan daging ayam.



RELATED ARTICLE