DiaryHijaber
Ke Bali? Coba Menu Berikut Ini | DiaryHijaber.com

Writer : Arieza Editor : BL

Ke Bali? Coba Menu Berikut Ini

Bali adalah pulau yang penuh pesona, baik dari segi budaya, pantai, kuliner dan alam lainnya. Keindahannya tersohor hingga mancanegara. Bali tidak pernah sepi dari para wisatawan yang ingin menikmati eloknya Pulau Dewata. Daya tarik Bali yang utama adalah pantainya. Pasir pantainya putih, airnya yang biru bersih berkilau diterpa sinar matahari, ombaknya menantang untuk surfing, serta sunsetnya yang eksotis.

Setelah puas menikmati keindahan deretan pantai di Bali, waktunya untuk menikmati kuliner khas Bali. Pantai dan kuliner, akan menjadi agenda liburan di Bali yang sangat menyenangkan. Selain pantai, Bali juga menawarkan kuliner yang tidak kalah istimewanya. Bagi Hijaber yang masih penasaran dengan kuliner khas Bali, berikut kami menghadirkannya untuk Anda. Kuliner ini wajib dicoba ketika Hijaber ke berkunjung ke Pulau Dewata, karena kuliner ini hanya ada di Bali. So, check this out!!!

Ayam Betutu

kulinerbali.info

Ayam Betutu adalah makanan khas Bali yang paling populer, bagi wisatawan lokal maupun asing. Sebutulnya Ayam Betutu disajikan pada saat ada upacara keagamaan, namun kini Ayam Betutu dapat dijumpai di berbagai warung makan hingga restoran mewah. 

Selain ayam, warga Bali juga biasa menggunakan bebek. Pengunjung akan disajikan hidangan ayam dan bebek utuh. Sebelumnya, Ayam dan bebek utuh diisi bumbu rempah yang sudah dihaluskan, kemudian dipanggang dalam api sekam. Cara masak tradisional ini menambah cita rasa Ayam Betutu. Bumbunya menyerap ke dalam daging ayam dan bebek dengan sempurna.

Rujak Bulung

www.leonardo-slatter.com

Kita biasa mendapati jelly kenyal yang terbuat dari rumput laut. Tapi lain halnya dengan di Bali. Rumput laut ini disajikan bersama kuah cabai. Bulung atau rumput laut yang digunakan adalah jenis Bulung Boni. Bulung yang kenyal disiram dengan kuah cabai segar, kemudian diberi taburan kacang kedelai goreng dan kelapa parut bakar, lalu diberi parutan lengkuas dan bumbu yang sudah dihaluskan. Selain rasa pedasnya menantang, Rujak Bulung tentu mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan.

Sate Lilit

www.resephariini.com

Sekilas, Sate Lilit tidak terlihat seperti daging kebanyakan. Dagingnya tidak dipotong dadu, melainkan dihaluskan kemudian dibentuk pada batang-batang serai berukuran besar. Daging yang biasanya digunakan adalah daging ayam dan daging ikan. Kedua jenis daging ini digiling atau dicincang agar halus, kemudian dicampur dengan bumbu. Bumbu Sate Lilit banyak menggunakan rempah – rempah, seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit, lengkuas, jahe, pala, ketumbar, dan daun jeruk. Bentuknya memang sederhana, tetapi perpaduan bumbu dalam gilingan daging dan batang sereh menghasilkan aroma rempah yang istimewa ketika sate dibakar.

Lawar Kuwir

www.balimedia.id

Lawar adalah kombinasi sayuran kacang panjang dan daging. Kacang panjang dipotong kecil – kecil lalu dicampur dengan daging cincang, bumbu rempah – rempah, dan kelapa. Lawar disajikan bersama sate lilit dan jukut ares. Tapi, Hijaber harus berhati – hati dalam memilih daging Lawar, karena beberapa pedagang menggunakan daging yang dilarang dalam syariat Islam.

Jakut Ares

www.jalanjalan.gunturfm.com

Jakut Ares ini biasanya dihidangkan sebagai pendamping Lawar Kuwir, tapi bisa juga dinikmati tanpa Lawar. Makanan ini terbilang unik karena bahan dasarnya menggunakan batang pohon pisang. Tidak sembarang pohon pisang bisa digunakan untuk membuat Jakut Ares, hanya batang Pisang Klutuk yang dapat diolah. Pertama, batang Pisang Klutuk dikupas sampai menyisakan batang berwarna putih. Kemudian diberi bermacam bumbu rempah yang sudah dihaluskan. Cita rasa Jakut Ares semakin lengkap dengan tambahan tulang ayam dan tulang bebek.



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top