Jajanan Hits Bandung, Enak dan Murah Meriah | DiaryHijaber.com

Writer : Ulfa Arieza Editor : BL

Jajanan Hits Bandung, Enak dan Murah Meriah

Kuliner Bandung tidak hanya terkenal dengan rasanya yang enak, tetapi juga inovatif. Tiap harinya muncul kreasi kuliner baru, baik makanan baru atau olahan kuliner lama yang dikemas secara modern. Saking menariknya, kuliner Bandung banyak dijajakan di luar kota. Tapi bagaimana pun, cita rasa asli Bandung tetap tidak tertandingi.

Banyak kawula muda Bandung yang menjajakan kuliner – kuliner tersebut di sepanjang jalanan kota atau dipasarkan melalui e-commerce. Salut bagi kreatiftas mereka yang mengolah jajanan turun temurun ini menjadi jajanan modern yang hits. Berikut adalah jajanan Kota Kembang yang pantang untuk dilewatkan.

Rujak Cireng

www.diahdidi.com

Tak dipungkiri kalau orang Sunda memang pintar dalam membuat kudapan dari olahan tepung kanji atau aci. Sebut saja, cireng atau singkatan dari aci digoreng, lalu ada cilok yaitu aci dicolok dan terakhir cimol atau aci yang digemol (dibentuk bulat). Di tangan kreatif pecinta kuliner Bandung, aci goreng khas Bandung dipadukan dengan bumbu rujak. Tekstur cireng yang kenyal dimakan bersama bumbu rujak yang pedas menjadi kombinasi unik di lidah. Rujak cireng ini sudah banyak dijual di Kota Bandung. Bagi yang tinggal di luar Bandung juga dapat memesannya secara online.

Seblak

www.idemasak.com

Seblak adalah salah satu kuliner yang telah eksis sejak lama. Kini, seblak kembali ke pasaran kudapan Bandung dengan rasa dan tampilan yang lebih variatif. Ada dua macam seblak, yaitu seblak kering dan seblak basah. Seblak kering berupa kerupuk seblak yang digoreng kemudian diberi taburan cabai kering, garam, dan penambah rasa lainnya. Alhasil, jadilah kerupuk seblak goreng ini menjadi gurih dan enak untuk dijadikan camilan ringan. Kemudian ada seblak basah, yaitu kerupuk aci yang direbus hingga matang. Kerupuk tersebut kemudian dicampur dengan telur orak arik dan diberi tambahan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, garam, cabai, dan kencur. Berbeda dengan seblak kering, seblak basah ini sangat pas dinikmati selagi hangat.

Mochi Ice Cream

katadia.com

Mochi sebenarnya adalah kue Jepang. Terbuat dari beras ketan yang ditumbuk hingga lembut, kemudian dibentuk bulat dan diberi berbagai isian di dalamnya, seperti seperti kacang merah, kacang hijau, dan buah-buahan. Pertama kali digigit, kue mochi akan terasa lembut dan lama kelamaan menjadi lengket. Di Indonesia sendiri, kue mochi sebenarnya banyak ditemukan di Sukabumi. Tapi, Hijaber juga dapat menemukan kreasi mochi di Kota Bandung yaitu mochi ice cream. Kue mochi disantap bersama es krim segar berbagai rasa. Kombinasi Mochi Ice Cream ini sangat cocok untuk dinikmati di siang hari.

Martabak Bandung

grosirtepungcrispy.com

Kalau ingin mencari aneka martabak, Bandung lah tempatnya. Mulai martabak manis, martabak telur, martabak bolu, martabak black, martabak ubi, hingga varian terbaru yaitu martabak pizza dengan varian topping. Kreasi martabak yang kini sedang menjadi incaran adalah martabak pizza dengan berbagai topping modern. Pilihan topping yang digunakan seperti green tea, Ovomaltine, skippy, Toblerone, red velvet, Nutella, keju, KitKat, dan masih banyak lagi. Bagaimana, menarik bukan?

Kue Cubit

letsgoeat.info

Kalau jajanan yang satu ini, konon lahir di Jakarta. Tapi di Bandung sendiri, kue cubit tidak kalah populernya. Lagi – lagi, di tangan kratif pecinta kuliner Bandung, jajanan klasik ini dikreasikan menjadi jajanan modern dengan tambahan varian topping dan olahan adonan yang diberi berbagai rasa. Bahan utama kue cubit adalah tepung terigu, gula pasir, dan mentega. Tambahan topping dan campuran rasa adonan, menjadikan aroma kue cubit semakin menggoda selera.

Hijaber, kreatifitas pecinta kuliner Bandung ini patut untuk ditiru. Dengan demikian, kekayaan jajanan asli Indonesia tidak kalah enaknya dengan berbagai jajanan luar negeri yang masuk ke Indonesia.



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top