Intip Menu Sarapan Sehat ala Inggris | DiaryHijaber.com

Writer : Ulfa Arieza Editor : BL

Intip Menu Sarapan Sehat ala Inggris

Sudahkah Hijaber sarapan hari ini? Dari serangkaian jam makan di pagi, siang, dan malam hari, ternyata sarapan adalah rangkaian yang utama. Mengapa? Keutamaan sarapan dijawab oleh serangkaian penelitian di bidang kesehatan yang menyatakan bahwa sarapan memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat itu meliputi sumber energi sebagai modal untuk melakukan aktivitas, meningkatkan kinerja otak, mencegah sakit maag dan diabetes, mengurangi lemak perut, dan masih banyak lagi.

ny.eater.com

Pentingnya sarapan telah disadari oleh orang Inggris sejak dulu. Sarapan bahkan menjadi semacam ritual yang harus dilakukan tiap pagi. Bahkan, mereka telah membuat menu sarapan istimewa dan turun temurun untuk melengkapi ritual sarapan. Sebutan untuk menu sarapan Inggris adalah all day breakfast atau full English breakfast. Beberapa juga menyebut hidangan ini dengan full English, fry-up, full Scottish, full Welsh, full Irish dan The Ulster fry.

Full English breakfast tersusun dari beberapa jenis makanan, sebagai berikut:

Daging

Daging adalah komponen utama dalam menu full English breakfast. Kandungan protein daging membantu meningkatkan kinerja otak. Daging yang digunakan biasanya adalah daging olahan, seperti sosis. Cara memasaknya adalah dengan digoreng.

Telur

Telur ini didadar setengah matang.  Kandungan asam amino dalam telur dikonversi oleh tubuh menjadi energi. Telur dimasak setengah matang agar kandungan gizinya lebih utuh.

Hash Brown

Full English breakfast juga dilengkapi dengan sayuran. Untuk sayuran dipilih lah sayuran yang mengandung karbohidrat, yaitu kentang. Gunanya untuk sumber energi untuk melakukan aktifitas. Kentang diparut atau di cincang dadu lalu digoreng dengan minyak sedikit atau pan-fried. Hash Brown juga menjadi menu breakfast di Amerika.

Roti

Roti menjadi sumber energi utama dalam komposisi menu full English breakfast. Roti terlebih dulu dipanggang dengan diolesi mentega untuk mendapatkan tekstur renyah dan garing. Orang Inggris hanya memakan satu atau dua helai roti dalam sekali sarapan.

Kacang

Komposisi full English breakfast dengan kandungan serat dari kacang. Porsi kacang lebih sedikit dibandingkan daging dan roti. Kacang diolah dengan dipanggang dalam saus. Olahan kacang ini biasa disebut 'baked beans'.

Teh

Untuk menutup rangkaian breakfast orang Inggris meminum teh. English breakfast tea adalah campuran teh hitam yang berwarna coklat pekat. Rasanya sedikit pahit, mirip teh tubruk Indonesia. Teh diminum dengan tambahan susu cair dan sedikit madu atau gula agar rasanya tidak terlalu pahit.

Hijaber, full English breakfast tidak hanya mempunyai menu yang lengkap, lebih dari itu mereka mengkombinasikan berbagai gizi dalam makanan yang diiperlukan tubuh untuk melakukan aktifitas pagi hari. Kebiasaan ini tentunya bisa menjadi inspirasi bagi menu sarapan kita. Hijaber dapat mengganti menu makanan sesuai dengan menu yang ada di sekitar kita, tetap dengan komposisi gizi yang sama.



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top