Ikon Jajanan Malam Hari | DiaryHijaber.com

Writer : Ulfa Arieza Editor : BL

Ikon Jajanan Malam Hari

Setelah seharian bekerja, jalan jalan malam bisa membantu Hijaber untuk melepas penat. Tidak perlu menguras kantong, cukup dengan menikmati hilir mudik kendaraan serta sorotan lampu kota. Trotoar pun disulap menjadi arena penjual makanan. Kehadiran jajanan malam menambah semaraknya keramaian malam hari. Kalau Hijaber jalan – jalan di malam hari, pasti sering mendapatkan jajanan berikut. Karena banyaknya yang menjajakan, jajanan ini dapat disebut sebagai ikon jajanan malam hari.

Martabak Telur dan Martabak Manis

Ada dua jenis martabak yang dapat kita jumpai, martabak telur dan martabak manis. Satu pedagang biasanya menjual dua jenis martabak ini sekaligus. Disajikan selagi hangat, martabak selalu membuat orang ketagihan untuk menyantapnya. Martabak telur dimakan bersama acar mentimun dan cabai, sedang martabak manis ditambah dengan aneka topping.

www.sipendik.com

Kue Putu

Ketika masih dalam masa penjajahan Belanda, bahan – bahan makanan seperti telur ayam, tepung terigu, dan daging hanya diperuntukkan untuk para bangsawan Belanda. Sehingga jajanan yang muncul ketika itu hanya berbahan dasar sederhana seperti tepung beras. Salah satu jajanan yang lahir ketika itu adalah kue putu. Tapi siapa sangka jajanan tradisional ini masih sering kita temukan sampai sekarang. Selain menyimpan nilai sejarah, kue putu juga sangat enak. Terbuat dari campuran parutan kelapa dan tepung beras. Kue putu dicetak dalam tabung bambu yang tengahnya diisi gula jawa. Ciri khas kue putu adalah suara uap yang keluar dari alat masaknya, sekaligus menjadi alat promosi. Kue putu disajikan dalam keadaan hangat, sehingga sangat pas untuk dinikmati malam hari.

www.menuresepkue.com

Dim Sum

Ikon jajanan malam tidak hanya diisi oleh makanan lokal saja Hijaber. Salah satu makanan Asia yang kerap diburu pecinta kuliner malam adalah Dim Sum yang merupakan makanan khas orang Tionghoa. Terdiri dari berbagai jenis kudapan dalam steamer yang terbuat dari bambu, atau piring kecil. Terdapat lusinan jenis Dim Sum, ada yang digoreng dan beberapa lainnya dikukus. Isian Dim Sum juga sangat beragam, seperti udang, ayam, sayuran, ikan tenggiri, jamur kyoko, dan lain – lain.

dimsumcorner354.com

Roti Bakar

Aroma roti yang dipanggang dengan mentega cocok sekali untuk santapan malam. Jajanan malam yang siap saji memang yang paling banyak digemari. Karena terjaga kehangatannya saat disajikan. Itulah sebabnya, roti bakar menjadi jajanan malam yang laris diserbu. Apalagi kini roti bakar klasik mulai dikembangkan dengan berbagai varian topping. Tampilan baru tersebut membuat roti bakar semakin menggoda.

www.tokopedia.com

Singkong Keju

Singkong keju merupakan bentuk mashup food atau makanan yang menggabungkan dua genre makanan, yaitu makanan tradisional dan modern. Singkong yang merupakan makanan pokok sebagian masyarakat Indonesia disatukan dengan keju khas masyarakat Barat. Singkong keju semakin nikmat disantap dengan berbagai pilihan rasa seperti barbeque, balado, pedas, dan lain – lain.

www.resepnikmat.com

Jagung Manis

Jika Hijaber menghendaki jajanan malam yang mengenyangkan, mungkin Hijaber dapat mencoba jagung manis. Selain kaya akan karbohidrat, campuran susu dalam jagung manis dapat melengkapi nutrisi sebelum tidur. Terlebih jagung manis kini banyak dilengkapi dengan taburan lainnya, seperti keju, meses, kremer, dan masih banyak lagi.

www.resepiseng.blogspot.com

Bagaimana Hijaber, sudahkah menentukan jajanan untuk malam hari ini? Semoga ulasan tadi bermanfaat dan menjadikan menu jajanan malam Hijaber semakin berwarna.



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top