Dessert Warna-Warni Penyempurna Menu | DiaryHijaber.com

Writer : Ulfa Arieza Editor : BL

Dessert Warna-Warni Penyempurna Menu

 

 

Mulanya, dessert hanya berupa buah-buahan yang segar tanpa proses pengolahan. Sejalan dengan tumbuhnya kreatifitas dunia kuliner, hidangan dessert mulai bervariasi dengan mengambil basic dari beberapa hidangan seperti cake, pie, ice cream dan sebagainya. Padu padan dessert juga semakin unik. Basic hidangan ditambahkan dengan sauce, buah, syrup, cream, dan lainnya.

Dessert seringkali disebut juga sebagai the final course, the last course, hidangan penutup, atau pencuci mulut. Sesuai dengan fungsinya sebagai hidangan penyegar setelah menyantap main course yang terkadang mempunyai aroma atau rasa yang tajam, seperti ikan dan daging atau olahan sambal yang menyisakan rasa pedas. Dessert biasanya mempunyai rasa manis dan menyegarkan, beberapa jenis lainnya juga memiliki rasa asin, asam atau kombinasinya.

Berikut adalah daftar dessert yang dapat menyempurnakan hidangan Anda.

 

Tiramisu

 diaryhijaber dessert 1

www.sugarhero.com

Komposisi utama tiramisu adalah biskuit savoiardi atau lady’s finger yang disusun sedemikian rupa lalu dilapisi dengan adonan yang terbuat dari whipping cream cair dan parutan keju mascarpone. Dalam perkembangannya, layer Tiramisu dikombinasikan dengan spongecake sehingga disebut tiramisu cake. Ciri khas dari tiramisu adalah taburan bubuk kakao di atasnya. Rasa dasar kue tiramisu beragam, ada yang berasa kopi, stroberi, lemon, dan coklat.

Cheesecake

diaryhijaber dessert 2

www. dessertbycandy.com

Untuk pecinta dessert keju, pasti sudah sangat mengenal rasa cheesecake. Walaupun disebut cake atau bolu namun versi cheesecake asli bukan merupakan sejenis kue bolu ataupun cake. Akan tetapi lebih dikategorikan sebagai pie atau custard dari campuran telur dan susu yang dipanggang atau dimasak dengan air panas hingga tekstur kue berubah menjadi kental akibat proses koagulasi protein telur. Cake yang kaya rasa keju ini diberi hiasan buah segar, krim dan lapisan gula, serta beberapa bahan yang teksturnya rapuh seperti biskuit graham, kacang yang dihancurkan dan lain sebagainya.

Cupcake

 diaryhijaber dessert 3

 www.artdecake.com

Dinamakan cupcake karena bentuknya yang mungil dalam small cup yang bisa disantap perseorangan. Bentuknya yang kecil semakin menggemaskan dengan aneka hiasan warna – warni dari butter cream, fondant, gula gula aneka warna. Selain menjadi hidangan dessert, cupcake kini menjadi kue favorit untuk perayaan hari spesial.

Crepes

diaryhijaber dessert 4

www.youtube.com

Camilan asli Prancis ini mempunyai dua jenis, crepes asin yang disebut galette, terdiri atas campuran dasar, terigu, buckwheat (sejenis gandum), telur, dan susu. Galette biasanya dimakan sebagai makanan pembuka. Sementara crepe manis, terbuat dari terigu, telur, susu, dan gula, disajikan untuk dessert.

Isian crepes dapat bervariasi. Untuk isian Galette dapat menggunakan keju, asparagus, ham, telur, ratatouille, jamur, atau produk daging lainnya. Sedangkan crepes manis untuk dessert dapat diisi dengan selai, krim cokelat, susu, es krim, strawberry, kacang, cinnamon, dan sebagainya. Untuk menyempurnakan rasa manis crepes dapat ditambahakan gula bubuk, jus lemon, whipped cream, buah-buahan potong, sebagai topping.

Ice Cream

diaryhijaber dessert 5

www.youtube.com

Bagi Hijabers yang ingin menutup menu makan dengan sesuatu yang segar ice cream jadi pilihan tepat. Cone yang identik dengan ice cream, kini sudah mulai bervariasi. Misalnya cone ice cream yang terbuat dari coklat beku. Atau bagi Hijaber yang tetap ingin menyantap ice cream dalam mangkuk juga dapat mengkombinasikannya dengan berbagai topping, seperti buah potong.

Yogurt

diaryhijaber dessert 6

www.thefrozenyogurtreview.com

Selain enak, yogurt menjadi dessert yang menyehatkan. Yogurt kaya akan vitamin dan probiotik yang baik untuk pencernaan, dan pastinya yogurt juga bisa membantu Hijaber yang ingin menurunkan berat badan. Bagi Hijaber yang belum terbiasa dengan rasa masam, plain yogurt bisa menjadi alternatif. Atau, bisa mencoba olahan frozen yogurt yang dikombinasikan dengan aneka buah.

Jadi Hijabers, dessert mana yang jadi pilihan Anda sekarang?



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top