Cita Rasa Otentik Sate Nusantara | DiaryHijaber.com

Writer : Sam Editor : BL

Cita Rasa Otentik Sate Nusantara

516 kali dilihat

Sate adalah makanan favorit bagi masyarakat Indonesia. Makanan dengan bahan dasar daging yang dibakar menggunakan tusuk sate ini juga pernah menjadi favorit Presiden Obama saat berkunjung ke Indonesia. Sate seringnya ditemukan di daerah Asia khususnya Indonesia yang sebagian besar orang-orangnya menykai makanan dengan aneka ragam bumbu rempah. Hijabers akan jarang menemui sate jika pergi ke negara Barat atau Australia, kecuali di rumah makan Asia. Indonesia terkenal dengan variasi kulinernya, di mana setiap daerahnya memiliki ragam kuliner yang berbeda. Tidak terkecuali sate yang juga memiliki banyak variasi, mulai dari cara memasak hingga komposisi bumbunya. Berikut adalah aneka sate dari aneka daerah di Indonesia.

Sate Padang

diaryhijaber sate 1

qraved.com

Dimulai dari barat, sesuai namanya sate ini dijuluki dengan nama sate padang. Berbeda dengan sate pada umumnya yang hanya menggunaan bumbu saus kacang dan kecap. Sama seperti makanan lainnya, Padang terkenal dengan masakan yang berani menggunakan banyak bumbu. Tidak terkecuali bumbu saus sate yang khas Padang. Terdiri dari tepung beras, bawang putih, jinten putih, ketumbar, jahe, kunyit, lengkuas, bubuk kari, garam, jeroan dan kaldu daging. Bayangkan saus yang manis dengan raasa pedas jahe, gurih dan manis jadi satu di mulut. Membuat ingin makan lagi, lagi, lagi dan lagi. Penyajianya juga berda seperti sate yang kita kenal selama ini dengan bawang mentah dan cabe. Kebalikannya, sate padang menggunakan bawang goreng sebagai topingnya.

Sate Klathak

diaryhijaber sate 2

www.bantulmedia.com

Jenis sate yang satu ini merupakan sate khas Daerah Istimewa Jogjakarta. Terdengar aneh dan tidak familiar dengan nama ‘klathak’. Nama ini diambil dari proses pembakaran sate yang menimbulkan bunyi terpaan antar besi. Sate ini diperlakukan berbedan dengan sate-sate pada umunya. Jika yang lain tusuk dengan menggunakan kayu, namun sate ini ditusuk menggunakan jeruji besi sepeda. Bahan dasar sate ini adalah daging kambing dan dilumuri dengan mumbu rempah cair yang tersedia terpisah. Jadi, kalamu mau makan tinggal cocol-cocol ke bumbunya. Pada umumnya, orang-orang makan sate klatah ini ditemani dengan sepiring nasi hangat. Kalau ke Jogja, jangan lupa cari sate klathak ya Hijabers.

Sate Madura

diaryhijaber sate 3

www.bukumasakan.com

Sate Madura adalah sate yang paling sering kita jumpai di daerah-daerah. Biasanya di jual menggunakan gerobag sate atau di panggul di atas kepala. Biasanya sate Madura di makan menggunakkan lontong yang di potong-potong dan saus bumbu kacang coklat yang di tambahi kecap manis. Sate Madura biasanya di tusuk dengan lidi dan dibungkus menggunakan daun pisang. Aroma daun pisang yang terkena panasnya bakaran sate dan bumbu kacan manis yang lumer di lidah, tidak perlu ditanya lagi kelezatan rasanya.

Sate Ponorogo

diaryhijaber sate 4

www.tokopedia.com

Jika Hijabers pergi ke Padang, makan tidak akan menemukan warung yang bertuliskan sate padang, melainkan warung yang hanya bertuliskan Sate saja. Sate ini tidak jauh berbeda dengan sate Madura,

Jika Hijabers pergi ke Padang maka tidak akan pernah mendapati warung yang menyediakan sate Padang. Mereka hanya menulisnya dengan hidangan sate saja. Hal itu juga berlaku untuk Sate Ponorogo yang hanya akan ditemukan di luar Ponorogo. Sate ini hampirm mirip dengan sate Madura, bedanya sate Ponorogi memiliki cita rasa manis karena di bacem. Sedangkan sate Madura cenderung gurih dan memiliki sedikit rasa manis.

Sate Lilit

diaryhijaber sate 5

www.beritasatu.com

Sate yang satu ini menjadi favorit turis yang berwisata ke Bali tentunya. Sate ini menggunakan daging tumbuk yang dililitkan pada bamboo kecil sebagai tusuk satenya. Hal yang membuat special adalah bumbunya yang yang terdiri dari bawang merah, merica, jeruk nipis, kelapa parut, dan santan kental. Jika sate Padang masih bisa dibayangkan rasanya karena bumbunya terdiri dari satu jenis yang sama yaitu rempah-rempah. Namun, sate yang satu ini, Hijabers harus mencobanya sendiri jika ingin tau rasanya. Tapi ingat, wajib teliti karena tidak semua sate lilit bisa dikatakan halal walaupun berbahan dasar ayam.

Membahas aneka ragam sate membuat rasanya ingin mencicipi satu persatu. Hijabers bisa mencoba hidangan sate saat berkunjung di daerah yang memiliki makanan khas sate. Di jamin, dari Sabang sampai Mearauke rasanya akan beda walaupun dalam satu family yaitu sate.



RELATED ARTICLE