Cara Membuat Bakpao Mengembang dan Lembut | DiaryHijaber.com

Writer : Ulfa Arieza Editor : BL

Cara Membuat Bakpao Mengembang dan Lembut

Bakpao berasal dari negeri Tirai Bambu, Tiongkok. Kata Bakpao adalah bahasa serapan Hokkian, Bak artinya daging dan Pao berarti bungkusan, jadi Bakpao adalah bungkusan yang berisi daging. Mulanya, isian Bakpao adalah daging, kemudian mulai dikreasikan dengan berbagai isian, seperti selai buah – buahan, kacang hijau, sayuran, dan lainnya.

 

 

www.selerarasa.com

Tapi siapa sangka kalau penemu resep Bakpao adalah seorang Perdana Menteri Tiongkok, yang juga seorang ahli strategis, insinyur dan ilmuwan Kekaisaran Kuno yang bernama Zhuge Liang. Ketika menghadapi perang, sang Perdana Menteri harus melemparkan 50 kepala ke sungai sebagai persembahan kepada roh sungai. Karena Perdana Menteri tidak menginginkan pertumpahan darah, maka ia mencari akal sebagai ganti 50 kepala tersebut. Zhuge Liang akhirnya membuat kue yang berbentuk bulat namun rata di dasarnya, sehingga mirip kepala manusia. Kue ini lah yang kemudian disebut Bakpao. Sejak saat itulah Bakpao menjadi makanan tradisional Tiongkok.

Bakpao identik dengan bentuk setengah lingkaran yang mengembang berwarna putih. Kulit Bakpao dibuat dari adonan tepung terigu yang diberi ragi supaya mengembang. Setelah mengembang sempurna, bahan isian dimasukkan, lalu dikukus sampai matang. Karena bentuk dan warnanya yang serupa, maka untuk membedakan isian biasanya di atas Bakpao di beri bentuk titik dengan warna yang berbeda.

Saat ini Bakpao dapat ditemukan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Teksturnya yang empuk menjadikan Bakpao diminati segala usia. Cara membuatnya tergolong simple dan dapat dipraktekkan di dapur, namun tetap membutuhkan kiat khusus sehingga menghasilkan Bakpao yang mengembang dan bertekstur lembut. Berikut adalah resep agar membuat Bakpao mengembang dan lembut, serta pastinya lezat.

Bahan 1:

    100 gram tepung terigu

    1 butir telur ayam

    1 sdt ragi instan

    1 gelas air

    3 sdm gula pasir

    3 sdm mentega

 Bahan 2:

    200 gr tepung terigu

    1 sdt baking powder

    Mentega

 Bahan Isi Bakpao:

    1 batang cokelat balok (dapat diganti sesuai selera)

Cara Membuat Bakpao:

  • Campur semua bahan 1 sampai larut dan merata. Setelah tercampur diamkan adonan 1 selama 15 menit.
  • Tambahkan semua bahan 2 ke dalam adonan bahan 1, aduk sampai kalis dan tidak lengket. Setelah cukup kalis letakan adonan dalam wadah besar, tutup dengan kain basah selama 45 menit supaya adonan mengembang.
  • Setelah adonan mengembang, bentuk adonan menjadi bulatan sedang dan letakkan irisan coklat batang dalamnya.
  • Kukus selama 15 menit atau sampai matang.
  • Setelah 15 menit Bakpao siap dihidangkan, sajikan Bakpao selagi hangat.

Selamat mencoba Hijabers



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top