Bisnis yang Berkelanjutan, Bagaimana? | DiaryHijaber.com

Writer : Intan Kirana Editor : Someone

Bisnis yang Berkelanjutan, Bagaimana?

Hijabers, selain mendapatkan keuntungan besar, ada satu hal lagi yang penting dalam bisnis: penjualan yang berkelanjutan. Lebih baik mendapatkan keuntungan yang biasa-biasa saja tapi terus menerus, ketimbang mendapatkan keuntungan besar hanya dalam satu waktu saja. Nah, untuk itu, saat membangun bisnis, pastikanlah tentang keberlanjutan bisnis kalian. Bagaimana caranya? Coba tanyakan beberapa hal ini pada diri kalian, untuk memahami apakah bisnis kalian dapat bertahan dalam jangka panjang atau tidak.

 

  1. Apakah produk saya dibutuhkan banyak orang?

Banyak produk yang disenangi oleh orang. Tapi produk-produk semacam itu hanya bertahan beberapa waktu saja. Apalagi kalau produk kalian hanya sekadar mengikuti tren. Produk yang dibutuhkan banyak orang, seperti kuliner, transportasi, dan lain sebagainya, biasanya akan berkelanjutan dan dapat bertahan lama.

 

  1. Apakah produk saya dapat dijelaskan dalam satu kalimat?

Kreatif itu boleh. Tapi memiliki produk dengan fungsi yang terlalu rumit bukan hal yang baik. Misalnya, seseorang bertanya pada kalian “Produk kamu itu apa sih?”, dan kamu menjawab “Produkku adalah jasa pencarian teman, tapi bisa juga jual baju, eh tapi bisa juga sih jadi tempat untuk curhat..”, atau kalimat panjang lain, maka kamu perlu memperhatikan lagi apakah mungkin kamu ingin menyederhanakan produkmu agar mudah dipahami orang.

 

  1. Apakah orang akan membeli lagi?

Tidak semua barang adalah barang cepat habis. Baju misalnya. Baju akan bertahan dalam waktu lama. Tapi kalau produkmu memiliki engagement terhadap pelanggan, mereka akan suka dan membeli lagi produk-produkmu. Hanya saja, supaya pelanggan tetap setia, ada satu hal lagi yang harus kamu pertanyakan.

 

  1. Apakah inovasi bisnismu diminati banyak orang?

Inovasi adalah hal yang wajib dimiliki oleh perusahaan. Tapi cobalah perhatikan apakah inovasi bisnismu diminati dan disukai banyak orang? Apakah inovasi bisnismu menarik banyak orang? Nah, buatlah inovasi  bisnis yang menarik dan terus diminati banyak orang tanpa mengenal trend


Artikel Terkait Lainnya..

RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top