Banoffee, Resep Klasik Britania | DiaryHijaber.com

Writer : Ratna P Sari Editor : BL

Banoffee, Resep Klasik Britania

Apa jadinya kalau kita menggabungkan legitnya buah pisang dengan manisnya caramel? Jawabannya adalah camilan lezat Banoffee, atau Banana dan Toffee. Banoffe sebenarnya adalah dessert pie yang pertama kali dipopulerkan oleh Nigel Mackenzie dan Ian Dowding, pemilik The Hungry Monk Reataurant di Jevington, East Sussex, Inggris pada tahun 1971. Jadi, Banoffee Pie termasuk resep klasik Britania Raya dan masih diminati sampai sekarang, bahkan meluas di berbagai negara, termasuk Indonesia. Di tangan kreatif pecinta Banoffee, pie ini diubah menjadi cake dan cupcake.

diaryhijaber resep banoffee

 www.savingdessert.com

Hijaber, kali ini kita akan mengenal resep asli dari Banoffee Pie yang klasik itu. Sesuai dengan namanya, komposisi Banoffe Pie adalah Banana, Toffee, krim lembut dan topping sebagai pelengkap. Untuk pisang, pilihlah pisang yang tidak terlalu tua dan lembek. Sedangkan Toffee merupakan caramel terbuat dari campuran gula dan butter yang dipanaskan.

Penasaran dengan cara membuat Banana Toffee, yuk langsung kita simak resep berikut!

 

Bahan Banoffee:

5- 6 buah pisang, iris sesuai selera

250 gram biskuit, remukkan

 

Caramel:

350 gram susu kental manis

70 gram brown sugar

50 gram butter

 

Krim:

100 ml whip cream, kocok kental

250 gr unsalted butter

100 gr cream cheese

susu kental manis sesuai selera

 

Topping:

30 ml sirup kopi

dark cooking chocolate, parut

(untuk topping bisa diganti sesuai dengan selera)

 

Cara membuat Banoffee:

  • Masukkan biskuit dalam mangkuk food processor sampai hancur. Tambahkan butter dan proses kembali. Setelah tercampur rata, masukkan adonan dalam cetakan pie. Tekan menggunakan bagian belakang sendok logam hingga mendapat tekstur padat, dan diamkan dalam lemari pendingin.
  • Sementara itu kita membuat caramel. Campurkan susu kental manis, brown sugar dan butter dalam panci ukuran sedang, masak dalam api paling kecil. Aduk terus dengan sendok kayu, selama 10-12 menit atau sampai mengental caramel, tapi jangan sampai mendidih. Kemudian angkat.
  • Tuangkan caramel panas secara merata di antara biskuit pie. Tutup dengan plastic wrap dan diamkan di lemari pendingin selama satu jam.
  • Selanjutnya kita membuat krim. Kocok lembut unsalted butter dan susu kental manis. Tambahkan whip cream dan cream cheese. Sisihkan di lemari pendingin.
  • Langkah terakhir, tata irisan pisang di atas lapisan caramel, tutup dengan krim.
  • Sebagai penyempurna, taburi Banoffee dengan topping. Topping dapat disesuaikan dengan selera, atau dapat juga tanpa menggunakan topping.

 

Jadi, bagaimana Hijaber, mudah bukan cara pembuatannya? Silakan dicoba di dapur masing – masing ya.



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top