Bahaya Memakan Ayam Mentah | DiaryHijaber.com

Writer : Intan Kirana Editor : Someone

Bahaya Memakan Ayam Mentah

Ayam adalah makanan favorit semua orang di Indonesia. Hampir semua warung makan dan restoran menyajikan ayam dengan berbagai macam olahan. maklum, harga daging ayam tidak semahal daging sapi atau kambing, lagipula, masih lebih rendah kolesterol ketimbang sapi atau kambing.

 

Namun, jangan salah. Ada banyak restoran yang tidak menyajikan daging ayam yang bersih. Bahkan kadang kita temui di sela-selanya masih terdapat warna merah seperti darah. Seringkali kita mengabaikan hal itu dan menganggap kalau ayam masih bisa dimakan. Padahal, ada beberapa bahaya dari ayam yang dimasak kurang matang. Apa saja ya?

1. Mual dan muntah

Mengonsumsi ayam kurang matang secara rutin, atau bila daya tahan tubuh Anda kurang baik, maka Anda pun bisa mengalami gejala mual dan muntah karena tidak tahan terhadap bakteri yang ada di dalam ayam.

2. Diare

Nah, bakteri di dalam ayam yang kurang matang juga dapat menyebabkan diare lho, Hijabers. Diare diakibatkan oleh makanan-makanan yang tidak bersih, dan penyakit ini, meskipun tidak berbahaya, sangat mengganggu hari-hari Anda.

3. Demam tifoid

Oh ya, bakteri yang disebabkan oleh daging ayam yang belum matang ini juga bisa menyebabkan demam tifoid. Demam tifoid bukanlah demam biasa. Demam ini menyebabkan tubuh bersuhu tinggi dan membuat pusing kepala, sakit perut, bahkan terkadang ruam merah di kulit

4. Bakteremia

Bakteremia adalah kondisi di mana bakteri masuk ke dalam aliran darah. Dalam ayam yang tidak matang, terkandung banyak bakteri Salmonella dan bisa menyebabkan banyak penyakit berbahaya bila masuk ke dalam darah. Misalnya adalah, penyakit pneumonia dan juga hepatitis. Mengerikan bukan? Untuk itu, lebih baik Anda biasakan untuk memastikan ayam yang Anda masak sudah matang ya!



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top