Aneka Sambal yang Rasanya Nendang | DiaryHijaber.com

Writer : Ulfa Arieza Editor : BL

Aneka Sambal yang Rasanya Nendang

511 kali dilihat

Sambal selalu hadir sebagai pelengkap sajian makanan. Rasanya kurang pas apabila hanya menyantap lauk dan nasi tanpa kehadiran rasa pedas sambal. Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai aneka resep sambal. Setiap daerah mempunyai resep sambalnya masing – masing. Terlebih, bumbu dapur Indonesia terbilang sangat lengkap. Hijaber bisa mencoba sambal – sambal berikut sebagai pelengkap sajian makan Anda.

Sambal Cabai Hijau

warungapung.com

Sambal cabai hijau juga dikenal dengan sambal Padang, karena warung makan Padang selalu menyajikan sambal cabai hijau bersama sayuran untuk lalapan.  Walaupun berwaran hijau pekat khas cabai hijau, sambal yang satu ini tidak begitu pedas, karena tidak menggunakan campuran cabai merah dan cabai setan. Cabai hijau terlebih dahulu direbus, kemudian diulek bersama bahan lainnya. Agar rasanya semakin sedap, sambal yang telah halus, ditumis dampai harum. Bahan sambal cabai hijau adalah sebagai berikut.

   100 gram cabe hijau

   3 buah tomat hijau

   4 butir bawang merah

   2 siung bawang putih

   Garam secukupnya

   Gula secukupnya, dan

   Minyak goreng

Sambal Terasi

1001resepmasakan.com

Terasi memang bumbu yang dapat menyedapkan semua masakan. Begitu pula ketika terasi diulek bersama cabai menjadi sambal terasi. Rasa dan aroma khas terasi menjadikan sambal ini populer di kalangan pecinta sambal pedas. Hijaber dapat membuat sambal terasi dengan menggunakan bahan- bahan berikut ini.  

    20 buah cabai merah, hilangkan bijinya

    1 sdm terasi yang sudah dibakar atau digoreng

    Air jeruk limau

    1 buah tomat besar

    Garam secukupnya

    Gula pasir secukupnya

    Minyak goreng secukupnya

Sambah Dabu – Dabu

www.bukuresep.net

Ternyata tidak semua sambal harus diulek lho Hijaber. Dengan memotong dan mencampur semua bahan – bahan menjadi satu, kita dapat membuat sambal dabu – dabu yang rasanya nendang. Sambal dabu – dabu ini adalah sambal khas Manado. Bahan utama sambal diberi perasan air jeruk nipis agar segar, kemudian digoreng dengan api kecil. Berikut adalah bahan – bahan yang digunakan untuk membuat sambal dabu – dabu.

    4 buah cabe merah besar, potong kecil

    5 buah cabe rawit hijau, potong kecil

    5 butir bawang merah, iris tipis

    1 buat tomat merah, potong kecil

    1 sdt garam

    ¾ sdt gula pasir

    1 sdt air jeruk nipis

    5 sdm minyak goreng

Sambal Matah

Continue reading on next page...



RELATED ARTICLE