Aneka Rasa Serabi khas Berbagai Daerah | DiaryHijaber.com

Writer : Ulfa Arieza Editor : BL

Aneka Rasa Serabi khas Berbagai Daerah

Serabi adalah salah satu jajanan pasar yang masih banyak dinikmati sekarang ini. Beberapa daerah mengklaim bahwa Serabi adalah makanan khas daerah tersebut, namun sampai saat ini belum ada yang bisa memastikan darimana Serabi berasal. Nyatanya, Serabi dapat kita temukan di kota – kota seluruh Nusantara, seperti Bandung, Solo, Jakarta, Padang, Cirebon, Tegal, Medan dan Bali. Terlepas dari itu semua, kita patut berbangga bahwa warisan kuliner Nusantara ini masih terus terjaga dan tidak kalah dengan camilan modern.

Serabi dibuat dari tepung beras atau terigu dengan campuran santan kelapa. Hal yang menarik dari Serabi adalah cara masaknya yang tradisional, yaitu dengan dibakar di atas tungku menggunakan cetakan tanah liat. Para penjual Serabi masih mempertahankan cara tradisional ini sampai sekarang. Serabi memiliki bentuk bundar pipih berpori-pori, hampir mirip pancake namun lebih kecil dan tebal.

Serabi dibuat dalam dua rasa, manis dan asin. Beberapa kota menggunakan tambahan saus dari gula jawa sebagai pelengkap. Dalam perkembangannya, varian rasa dan topping Serabi semakin beragam.

Serabi Santan

 www.intisari-online.com

www.intisari-online.com

 Meskipun varian rasa Serabi mulai dikembangkan, tapi Serabi santan yang asli masih banyak diminati. Campuran tepung beras dan santan kelapa menciptakan rasa gurih Serabi. Salah satu toko Serabi yang masyhur menjaga cita rasa asli Serabi ini adalah Notosuman Solo. Serabi Notosuman yang ada di kampung Notosuman Solo berdiri sejak tahun 1923. Serabi legendaris ini masih eksis hingga kini bahkan sudah membuka cabang di luar kota Solo.

 Serabi Durian

 http://travel.ayuwelirang.com

http://travel.ayuwelirang.com

Kreasi Serabi ini mengganti kuah gula jawa dengan saus durian yang disiram di atas Serabi. Untuk menambah legitnya rasa durian, potongan daging durian dimasukkan ke dalam adonan Serabi. Tidak ketinggalan topping yang dapat disesuaikan selera, sebagai penambah kelezatan Serabi. Bagi pecinta durian, tentunya Serabi yang satu ini wajib dicoba.

Serabi Pandan

 www.resepmasakanindonesia.me

www.resepmasakanindonesia.me

Wangi daun pandan yang ditambahkan ke dalam adonan Serabi menambah cantik rasa dan tampilan Serabi. Meskipun tanpa tambahan saus dan topping, Serabi pandan dapat membuat Hijaber ketagihan.

 

Serabi Abon

dapursehatbunda.blogspot.com

 dapursehatbunda.blogspot.com

 Kalau Hijaber kurang suka campuran abon dengan nasi, bagaimana kalau topping abon di atas Serabi? Hasilnya seperti menikmati kue abon, tapi dengan tekstur kue yang lebih lembut. Dijamin Hijaber tidak akan menyesal mencicipinya.

 Serabi Topping Buah

www.makanajib.com

 www.makanajib.com

Serabi dengan topping buah – buahan bisa jadi pilihan favorit Hijaber. Rasa Serabi asli masih terasa, dipadukan dengan kesegaran buah – buahan. Biasanya, buah yang digunakan adalah nangka, pisang, dan strawberry.

  Serabi Topping Special

adylahaquee.wordpress.com

adylahaquee.wordpress.com

Dinamakan spesial karena topping terdiri dari campuran keju, coklat, dan susu. Keju yang digunakan adalah keju parut, dikombinasikan dengan coklat dari lelehan meses, terakhir adalah siraman susu kental manis. Hijaber juga dapat memilih hanya satu topping saja.

 Jadi Hijaber, Serabi mana yang kamu pilih? Bagaimanapun Serabi adalah kuliner bersejarah yang tidak boleh dilupakan dan dijaga kelanggengannya.



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top