7 Kuliner Lezat Khas Thailand | DiaryHijaber.com

Writer : Ulfa Arieza Editor : BL

7 Kuliner Lezat Khas Thailand

Ciri khas masakan Thailand adalah rasa pedas dan penuh bumbu, dipadu dengan rasa manis, asin, masam, dan pedas. Meskipun sudah banyak restoran di Indonesia yang menyediakan masakan khas Negeri Gajah Putih, tidak ada salahnya kalau kita mengenal lebih dalam makanan – makanan Thailand yang menjadi favorit.

Tom Yam

www.knorr.com.sg

Makanan ini pasti sudah tidak asing bagi Hijaber, karena banyak kita temui di Indonesia. Segarnya sup berkuah asam-pedas yang dicampur dengan udang, cumi-cumi, ikan dan berbagai sayuran segar selalu mampu membangkitkan selera. Campuran rempah – rempah serai, cabai, lengkuas, daun jeruk, bawang merah, air jeruk nipis dan saus ikan menciptakan rasa kuah yang nendang. Tom Yam akan lebih nikmat jika dinikmati dalam keadaan hangat.

Pad Thai

www.theroyalbudha.com

Pad Thai adalah kwetiau goreng Thailand. Mie yang digunakan berukuran lebar dan pipih. Pad Thai dimasak bersama udang kering, kuah asam, gula aren ditambah dengan taburan kacang, tauge, dan daun bawang. Udang kering terkadang diganti dengan daging ayam.

Khao Pad Poo

www.pegipegi.com

Sekilas, makanan ini mirip dengan nasi goreng. Tapi ketika mencium aromanya, ada yang tidak biasa dengan nasi goreng Thailand ini. Nasi ini beraroma bunga melati karena memang dimasak menggunakan campuran bunga melati. Unik bukan? Jangan khawatir  tentang rasa, karena Khao Pad poo dimasak bersama perasan jeruk nipis, saus ikan khas Thailand, dengan tambahan kepiting dan telur. Aroma bunga melati menambah sedapnya nasi goreng Thailand ini.

Som Tam

www.templeofthai.com

Salad ternyata juga digemari oleh orang Thailand. Berbeda dengan salad kebanyakan yang menggunakan banyak buah dan sayuran, salad ini hanya menggunakan buah pepaya dan kacang panjang. Tapi salad ini menggunakan banyak campuran bumbu seperti, garam, bawang putih, cabai, tomat, saus ikan dan bumbu kacang. Selain itu, salad ini memberi pilihan udang atau kepiting bagi penggemar seafood. Salad Thailand yang segar bernama Som Tam.

Gaeng Daeng

mytravelsifu.com

Kuah yang kental dengan bumbu pekat pedas manis, adalah ciri khas makanan Thailand. Seperti menu yang satu ini, Gaeng Daeng. Dibuat dari potongan daging yang beri kuah kari merah kental, kemudian diberi taburan jeruk nipis. Paduan kuah santan dan bumbu kari menjadikan Gaeng Daeng mempunyai aroma kuat.

Gaeng Keow Wan Kai

www.123rf.com

Selain kari merah, Thailand juga mempunyai kari hijau atau Gaeng Keow Wan Kai. Warna hijau kari didapat dari pasta kari hijau yang dicampur dengan santal kental. Sebagai isian kari dipilih potongan daging ayam, terung, daun basil, kemudian diberi bumbu rempah – rempah. Gaeng Keow Wan Kai disajikan bersama semangkuk beras wangi Thailand.

 Khao Niew Ma Muang

www.wykop.pl

Dessert Thailand tak kalah enaknya dengan menu utamanya. Salah satu dessert favorit Thailand adalah Khao Niew Ma Muang. Yaitu, ketan yang disajikan bersama potongan mangga segar dan krim santan yang manis. Dessert ini sangat cocok disantap sebagai camilan, selain itu Khao Niew Ma Muang mudah disapatkan di sudut – sudut jalan Thailand.



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top