10 Kuliner Populer Asia | DiaryHijaber.com

Writer : Ulfa Arieza Editor : BL

10 Kuliner Populer Asia

10 Kuliner Populer Asia

Kuliner Asia mempunyai ciri khas yang banyak dipengaruhi oleh warisan budaya tradisional. Citarasa masakan Asia sangat khas, karena banyak menggunakan bumbu rempah – rempah. Sangat berbeda dengan negara-negara Barat yang tidak memerlukan banyak bumbu dan rempah. Tidak hanya kaya akan cita rasa, kuliner Asia memiliki cara memasak dan kebiasaan menyantap hidangan yang unik. Ciri khas tersebut juga merupakan warisan kuliner turun temurun nenek moyang yang masih dilestarikan, sehingga menjadi kekayaan budaya.

Rendang, Indonesia

tekno.liputan6.com

Kita patut berbangga, karena kuliner warisan nenek moyang Indonesia ini sudah tersohor di Asia, bahkan kelezatan Rendang masuk dalam daftar makanan terenak di dunia. Rendang merupakan olahan daging yang dicampur dengan bumbu rempah – rempah kemudian dimasak bersama santan kental. Cara memasaknya pun terbilang khas. Untuk mendapatkan daging rendang yang empuk dan bumbu meresap sempurna, kita membutuhkan waktu berjam – jam untuk memasak rendang. Sajian khas ini menjadi hidangan utama pada perayaan Hari Raya.

Tom Yam, Thailand

www.recipeshubs.com

Masakan Thailand identik dengan rasa pedas dan kaya bumbu, dipadu dengan rasa manis, asin, dan masam. Salah satu kuliner Thailand yang dengan mudah didapati di berbagai negara adalah Tom Yam. Tom Yum adalah sup berkuah asam pedas yang dicampur dengan udang, cumi-cumi, ikan dan berbagai sayuran segar. Campuran rempah – rempah serai, cabai, lengkuas, daun jeruk, bawang merah, air jeruk nipis dan saus ikan menciptakan rasa kuah yang nendang. Cita rasa Tom Yam sangat mencirika cita rasa kuliner Asia. 

Sushi, Jepang

thatsnotfood.com

Sushi adalah makanan khas Jepang yang terdiri dari bahan utama nasi Jepang yang dibentuk bersama lauk berupa seafood, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak. Mulanya, Sushi adalah proses pengawetan ikan dengan cara membungkus isi perut ikan dalam balutan beras terfermentasi. Seiring berjalannya waktu, beras tersebut dimasak menjadi nasi dan dimakan bersama isian Sushi. Sushi biasanya dimakan dengan tiga jenis bumbu tambahan, yaitu kecap asin, wasabi atau lobak pedas khas Jepang, dan shoga disebut juga gari atau acar jahe.

Bulgogi, Korea

flitto.com

Kata ‘bulgogi’ berasal dari bahasa Korea, ‘bul’ yang berarti api dan ‘gogi’ yang berarti daging. Dari gabungan kata tersebut, orang banyak memaknai Bulgogi sebagai ‘memasak daging di atas bara api’. Bulgogi berbahan dasar irisan tipis daging premium seperti sirloin. Daging ini kemudian direndam dalam kuah berbumbu. Racikan bumbu rendaman bulgogi beragam, namun pada umumnya menggunakan kecap, bawang putih, gula, minyak, bawang bombay, daun bawang, dan lada hitam. Lama perendaman selama dua hingga empat jam. Setelah bumbu meresap sempurna, daging kemudian dibakar di atas panggangan.

Continue reading on next page...



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top