DiaryHijaber
Toko Online, Atau Toko Offline? | DiaryHijaber.com

Writer : Intan Kirana Editor : Someone

Toko Online, Atau Toko Offline?

Seiring dengan perkembangan teknologi, penjualan pun banyak dilakukan via online. Bahkan banyak pemilik toko offline yang juga membuka toko online supaya barang dagangannya lebih laris dan lebih dikenal di penjuru nusantara. Tentu saja, karena modal untuk membuka toko online tidaklah besar. Selain itu, toko online jangkauannya lebih luas.
 
Namun, manakah yang lebih baik? Toko online atau offline? Keduanya sebetulnya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah, berikut kelebihan dan kekurangannya:
 
1. Kemudahan
Berbelanja di toko online memang lebih praktis dan mudah. Pasalnya, toko online bisa dijangkau di rumah, dan di manapun pelanggan berada, asalkan pelanggan punya koneksi internet dan ponsel yang mumpuni. Sementara itu, saat akan berbelanja di toko offline, Anda mau tidak mau harus mendatangi toko tersebut.
 
2. Kepercayaan
Bagaimanapun juga, toko offline memang lebih terpercaya ketimbang toko online. Anda tidak mungkin ditipu soal ketersediaan barang karena barang yang ingin Anda beli ada di depan mata Anda. Sementara itu, banyak terjadi kasus penipuan toko online, di mana barang tak kunjung dikirim setelah pembeli mentransfer sejumlah orang.
 
3. Kecocokan
Kadang, ada kesalahan persepsi saat kita berbelanja di toko online. Misalnya, bahan tidak senyaman yang kita bayangkan, atau warna sedikit berbeda dengan yang ada di foto karena efek kamera. Nah, hal ini jelas tidak mungkin terjadi di toko offline, karena Anda meraba sendiri barang Anda.
 
4. Pilihan barang
Jelas ada lebih banyak pilihan barang dan toko saat Anda berbelanja online, dan jangkauannya pun lebih luas. Hal ini sebetulnya menguntungkan baik dari segi produsen maupun konsumen. Untuk yang satu ini, toko online memang jauh lebih unggul ketimbang toko offline.


RELATED ARTICLE