DiaryHijaber
Terlalu Sering Lembur, Berbahayakah? | DiaryHijaber.com

Writer : Intan Kirana Editor : Someone

Terlalu Sering Lembur, Berbahayakah?

Lembur sesekali, tak mengapa. Tapi ada banyak perusahaan yang membuat karyawannya untuk lembur melebihi jam kerja hampir setiap minggu. Bahkan ada pula yang hampir setiap hari. Biasanya memang ada uang lembur yang diberikan perusahaan sebagai kompensasi. Tapi sebetulnya, bermanfaatkah lembur itu? Atau justru banyak hal-hal negatif yang dihasilkan dari lembur? Berikut ulasannya:

 

  1. Mengurangi waktu untuk orang terdekat

Terlalu sering lembur tak memberikanmu kesempatan untuk bersama lebih lama dengan keluarga. Apalagi jika kamu telah menikah. Memang, sih, ada libur di hari Sabtu dan Minggu, tetapi bagaimanakah hari tersebut bisa maksimal kalau kalian terlalu banyak lembur di hari biasa?

 

  1. Tidak baik untuk kesehatan

Hal ini berlaku terutama bila kalian tinggal di kota besar. Tentunya lembur hingga malam akan mengurangi jam istirahatmu. Dan jam istirahat yang kurang, tidak baik bagi kesehatan, terutama jantung. Kesehatan itu lebih mahal lho daripada uang lembur yang kita terima. Untuk itu, harus kita jaga ya!

 

  1. Pikiran tidak segar

Memaksakan pekerja untuk bekerja melebihi jam kerja, akan membuat pikirannya tidak segar. Untuk itu, terlalu banyak lembur mungkin memang meningkatkan kuantitas kerja, tapi bukan kualitas. Banyak pekerja yang sering lembur dan akhirnya kualitas kerja mereka menurun karena terlalu lelah.

 

  1. Depresi

Terlalu banyak lembur bisa membuat kita depresi lho! Karena semestinya, kehidupan manusia haruslah seimbang, antara bekerja, beribadah, dan juga refreshing. Terlalu banyak kerja akan membuat hidup kalian tidak seimbang dan membuat pikiran lelah. Jangan sakiti diri sendiri ya, Hijabers!

 

  1. Kelelahan mata

Selain jantung dan organ lain, mata pun juga akan lelah bila kita terlalu banyak lembur. Padahal, mata adalah panca indera penting yang kita gunakan untuk melihat. Kalau sedari muda kita tidak menjaga mata, bagaimana saat tua nanti?

 

***

Hijabers, kesehatan adalah berkah yang diberikan oleh Allah kepada kita. Jadi, harus kita jaga dengan maksimal, ya?



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top