Sukses Dari Bawah Ala Medina Zein | DiaryHijaber.com

Writer : Intan Kirana Editor : Someone

Sukses Dari Bawah Ala Medina Zein

3.246 kali dilihat

Siapa bilang bisnis dengan omzet milyaran hanya bisa dimiliki oleh mereka yang memang sudah kaya sejak lahir? Hal tersebut ditepis oleh Medina Zein, seorang hijaber asal Bandung yang memulai usahanya dari nol dan kini telah berhasil menjadi seorang pengusaha dengan omzet yang besar dan sukses membuka lebih dari dua cabang.

Medina Zein mengawali semuanya usai lulus dari Akademi Kebidanan Stikes Budi Luhur, Bandung. Sebetulnya, orangtua menginginkan dia menjadi dokter, atau bergelut di bidang kesehatan seperti yang dilakukan oleh keluarganya. Sayangnya, Medina tidak terlalu tertarik menjadi tenaga kesehatan. Dirinya malah bercita-cita untuk membuka klinik kecantikan: sebuah hal yang ditentang oleh orangtuanya.

Perjuangannya dimulai dari bawah. Ia mengumpulkan uang yang dia dapatkan dari sang suami, yang berprofesi sebagai pegawai hotel, dan juga bisnis kecil-kecilan sebagai reseller barang-barang fashion yang dia jalani sejak kuliah. Dia tetap bertekad untuk membuka klinik kecantikkan, terlebih dia pernah mengikuti  short-course sekolah estetika.

Kerja keras dan doa pun berbuah hasil. Suatu hari, dia bertemu dengan dokter yang ditemuinya saat short-course dulu. Dokter itu mengajarinya cara untuk membuka klinik kecantikkan. Nah, setelah itu, Medina pun bekerja sama dengan dokter dan apoteker, membuat produk perawatan wajah.

Lama kelamaan, pelanggan pun mulai percaya dan menaruh minat besar pada bisnisnya. Bahkan pada tahun 2012, Medina mulai memberanikan diri untuk membuka klinik kecantikan kecil, yang hanya berfungsi sebagai tempat facial dan peeling, bekerja sama dengan dua terapis dan satu dokter. Klinik itu awalnya dinamai Beauty Lady Care, tapi kemudian oleh Medina diubah menjadi Lazeta, karena lebih ear-catchy dan terlihat berbeda.

Bisnis Lazeta ini pun mulai berkembang, hingga sudah ada tiga cabang di Bandung. Tak hanya itu saja, Medina juga membuka bisnis travel agent dan butik, yang dikelola oleh sang suami. Perjuangan Medina memang panjang, tapi hasil yang dipetik saat ini begitu menyegarkan.

Nah, mau tahu apa saja tips yang harus Anda lakukan supaya sukses seperti Medina? Begini caranya:

1. Ikuti passion Anda

Bisnis memang tergantung dari selera banyak orang. Tapi menjalankan bisnis laris yang tak Anda sukai, membuat bisnis sulit berkembang. Kembangkanlah produk yang Anda sukai, dan dengan begitu, Anda bisa menjalankan bisnis dengan hati yang ikhlas

2. Rela prihatin

Saat bercita-cita untuk memiliki klinik, Medina meneguhkan keinginan untuk menabung. Padahal, pendapatan dia dan sang suami tidaklah besar. Untuk mewujudkan keinginannya, dia menjalani hidup yang prihatin, bersusah-susah dulu, tinggal di rumah petak dan makan seadanya. Tapi percayalah, berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, senang kemudian. Jangan ikuti nafsu diri untuk memboroskan uang atas hal-hal yang tidak diperlukan.

3. Membina hubungan

Karena hubungan baiknya dengan dokter kecantikan yang ditemui saat kursus, Medina pun bisa membuka kliniknya sendiri. Di sini Anda bisa melihat betapa pentingnya link dalam bisnis. Ikutilah banyak acara yang berguna, dan jalin hubungan dengan orang-orang yang memberi nuansa positif pada kehidupan Anda.

 

 


Artikel Terkait Lainnya..

RELATED ARTICLE