Segmentasi Bisnis, Perlukah? | DiaryHijaber.com

Writer : Intan Kirana Editor : Someone

Segmentasi Bisnis, Perlukah?

Kita selalu berharap bahwa bisnis kita dapat menjangkau semua kalangan. Tetapi pada kenyataannya, bisnis selalu memiliki segmentasinya masing-masing. Memang ada banyak bisnis yang diminati oleh berbagai usia, tetapi toh, bisnis itu tetap memiiki segmentasi dalam segi lain.

Untuk itu, segmentasi dalam bisnis sangatlah diperlukan. Nah, apa sajakah manfaat dari segmentasi tersebut

1. Mempermudah kalan dalam mengembangkan produk

Dengan menentukan kepada siapakah bisnis kalian akan dipasarkan, maka akan lebih mudah bagi kalian untuk menentukan pengembangan produk kalian. Kalian pun tidak akan merasa kesulitan saat riset dan tidak akan kebingungan.

2. Mempermudah pemasaran

Adanya segmentasi bisnis membuat kita lebih mudah menentukan metode pemasaran, karena berbeda segmen, berbeda pula jenis pemasaran dan tentunya bahasa dari pemasaran itu sendiri.

3. Mempermudah pengemasan

Pengemasan pun akan lebih mudah apabila kita telah tahu segmen pasar kita. Pengemasan dapat disesuaikan tergantung pada siapa kita menjual barang. Dengan begitu, pengemasan pun dapat lebih tepat sasaran.

4. Membuat bisnis lebih fokus

Apabila kita telah mengetahui segmen pasar bisnis kita, maka kita pun dapat lebih fokus dan tidak merasa bingung dengan produk kita sendiri. Akan lebih mudah bagi kita untuk memahami bisnis kita, dan pemahaman bisnis adalah hal penting yang pemilik bisnis.

5. Lebih hemat

Dengan adanya segmentasi ini pun, secara otomatis kita akan lebih menghemat pengeluaran kita, baik dalam membangun bisnis ataupun memasarkan bisnis, karena kita sudah tahu betul tentang bagaimanakah produk kita, dan berapa yang harus dikeluarkan untuk menarik pelanggan agar tertarik dengan bisnis kita. Berbeda halnya bila kita tidak paham segmentasi bisnis kita, akan sulit bagi kita untuk menentukan kepada siapakah bisnis akan ditujukan, dan kepada siapakah promosi akan ditujukan. Bisa-bisa, kita pun akan menujukan promosi kepada semua kalangan, dan hal itu akan memboroskan anggaran kita.



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top