Pengaruh Influencer Terhadap Bisnis | DiaryHijaber.com

Writer : Intan Kirana Editor : Someone

Pengaruh Influencer Terhadap Bisnis

Beriklan di televisi dengan artis ternama? Itu sudah masa lalu. Sekarang, eranya beriklan dengan menggunakan jasa influencer di media sosial.
 
Influencer ini tak harus selalu artis yang sudah malang melintang di dunia perfilman. Influencer bisa menjadi seniman, selebtwit, artis iklan, atau orang yang memang terkenal saja di dunia maya. Nah, untuk itu, banyak perusahaan yang menggunakan influencer untuk mempromosikan produk mereka. Selain banyak pilihan, harganya pun beragam dan beberapa influencer menetapkan harga yang terjangkau. 
 
Namun, apa sajakah yang harus Anda lakukan dan perhatikan sebelum memilih influencer?
 
1. Kualitas promosi
Banyak influencers yang memang memiliki ribuan hingga puluhan ribu fans. Tapi lihat dulu, bagaimanakah kualitas fotonya? Kualitas konten saat dia berpromosi? Pastikan kontennya bagus dan tidak asal-asalan ya. Karena percuma apabila seorang influencer terkenal, tapi kontennya buruk.
 
2. Akun-akun asli
Ada pula influencers yang sebetulnya menjadi terkenal karena membeli followers di dunia maya. Nah,perhatikan apakah dia betul-betul terkenal karena punya karya atau penggemar, atau awalnya terkenal karena dia hanya membeli akun bodong saja.
 
3. Citra diri
Meskipun terkenal, pastikan influencer yang Anda pilih terkenal karena citra baik. Banyak influencer yang terkenal karena citra yang kurang baik. Citra kurang baik akan berdampak pada penjualan barang Anda.
 
4. Antrean
Coba lihat apakah di kolom komen dan interaksi dia di media sosial, banyak olshop dan perusahaan yang komplain karena banyaknya antrean barang dan barangnya tak kunjung dipromosikan. Jangan sampai Anda rugi karena sudah membayar tapi tak kunjung mendapatkan promosi.
 
5. Biaya
Pastikan tarif influencer yang bekerja sama dengan Anda sesuai dengan budget dan harga barang. Jangan membayar terlalu mahal pada seorang influencer, sementara harga barang Anda sangat murah. Kecuali,kalau memang Anda sudah menjual barang dalam jumlah besar dan mendapatkan untung banyak.


RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top