Peluang Bisnis Era MEA | DiaryHijaber.com

Writer : Intan Kirana Editor : Someone

Peluang Bisnis Era MEA

418 kali dilihat

Indonesia telah memasuki Masyarakat Ekonomi Asean. Itu artinya, persaingan pun makin berat. Pasalnya, perdagangan antar negara Asia Tenggara semakin bebas dilakukan di negara kita, dan akan banyak produk negara-negara Asia Tenggara lain yang masuk ke negara kita.

 

Namun bagi Anda yang sudah memutuskan untuk mulai berbisnis, jangan khawatir. Meskipun MEA membuat persaingan makin ketat, tetapi masih banyak bisnis yang membuat Anda dapat meraup keuntungan yang menggiurkan. Nah, apa sajakah jenis bisnis tersebut?

1. Bisnis kuliner

Tidak ada yang bisa mengalahkan Orang Indonesia dan koki Indonesia dalam membuat makanan Indonesia. Inilah salah satu bisnis yang pastinya tak bisa ditiru oleh orang-orang dari negara Asia Tenggara lain. Bekerja samalah dengan tukang masak yang handal, atau akan lebih baik apabila Anda memang bisa memasak. Kuliner ini bisa berupa makanan besar, ataupun cemilan

2. Bisnis kursus bahasa

Ya, bisnis kursus bahasa juga akan sangat dicari orang, karena akan banyak perusahaan yang meminta kemampuan Bahasa Inggris , atau mensyaratkan kemampuan Bahasa Indonesia bagi orang asing. Namun bila Anda memiliki cukup sumber daya manusia, Anda bisa membuka bisnis kursus berbagai bahasa, tidak sekadar Inggris dan Indonesia saja.

3. Bisnis kerajinan khas Indonesia

Anda juga bisa berbisnis kerajinan khas Indonesia. Buatlah kerajinan-kerajinan yang unik dan tentunya berkualitas. Tidak hanya akan dibeli oleh masyarakat Indonesia, bahkan kerajinan ini dapat diimpor hingga ke negara Asia Tenggara lainnya, lho!

4. Bisnis di bidang pertanian dan perkebunan

Indonesia adalah negara agraris. Bila kita punya sumber daya manusia dan relasi yang cukup baik, kita bisa memanfaatkannya untuk membuat bisnis di bidang pertanian. Ya, bahkan bisa kita impor ke luar negeri. Contohnya seperti kopi atau beras. Indonesia sebetulnya punya kualitas produk pertanian yang baik lho. Nah, bisnis ini pun bisa turut memajukan petani Indonesia, Hijabers.

 


Artikel Terkait Lainnya..

RELATED ARTICLE