Kiat Menjadi Bos yang Baik | DiaryHijaber.com

Writer : Intan Kirana Editor : Someone

Kiat Menjadi Bos yang Baik

Menjadi bos sekilas adalah sebuah hal yang sangat menyenangkan. Karena di mata orang-orang, menjadi bos berarti bisa menyuruh orang lain melakukan apa yang kita inginkan. Selain itu, menjadi bos juga membuat kita bisa lebih bebas dan tidak diperintah oleh orang lain. Namun Hijabers jangan salah. Menjadi bos justru lebih berat daripada menjadi bawahan. Pasalnya, beban dan tanggung jawab Anda menjadi berat. Untuk itu, tak semua orang bisa menjadi bos. Nah, sudah siapkah Anda menjadi bos? Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

 

1. Tanggung jawab terhadap pekerjaan bawahan Anda

Meskipun Anda bertugas untuk memberi pekerjaan pada bawahan, tetapi bukan berarti Anda lepas tangan begitu saja. Karena kesalahan yang dilakukan oleh bawahan, adalah tanggung jawab Anda. Jadi, Anda tidak bisa sekadar menyalahkan. Apabila Anda melakukan hal tersebut, justru malah Anda yang dicap tidak profesional

 

2. Cara memimpin bawahan

Menjadi bos atau atasan tidak sekadar bisa galak dan ditakuti bawahan. Justru hal tersebut bisa membuat bawahan membangkang, kabur, dan tidak bekerja dengan maksimal. Anda harus bisa menjadi tegas tanpa terlihat otoriter, juga harus bisa membimbing bawahan Anda.

 

3. Harus lebih inovatif

Karena Anda adalah atasan, maka Anda tidak hanya mengerjakan apa yang disuruh oleh orang lain. Dalam menjalankan bisnis, Anda pun sebagai atasan dituntut untuk inovatif dan memikirkan apa yang akan terjadi, dan apa yang Anda lakukan untuk keberlangsungan bisnis Anda. Bawahan hanya bisa memberikan saran, tetapi semua keputusan di tangan Anda.

 

4. Inisiatif besar

Sebagai seorang atasan, Anda harus memiliki inisiatif yang besar untuk melakukan tindakan tertentu. Anda dituntut untuk menjadi aktif dan menjadi pemimpin atas segala hal yang diambil oleh tim Anda. Anda pun harus memiliki inisiatif untuk memberi tugas apa dan kepada bawahan yang mana.

 

5. Lebih rajin

Tentu saja, menjadi bos tidak membuat Anda bisa bermalas-malasan dan nonton Youtube saat bawahan Anda mengerjakan tugas yang Anda suruh. Bila Anda pemalas, niscaya bawahan Anda pun juga akan menjadi pemalas. Karena seperti pepatah, guru kencing berdiri, murid kencing berlari. Bawahan Anda menjadikan Anda sebagai cermin.


Artikel Terkait Lainnya..

RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top