Jangan Pernah Membohongi Pelanggan! | DiaryHijaber.com

Writer : Intan Kirana Editor : Someone

Jangan Pernah Membohongi Pelanggan!

Pelanggan adalah hal terpenting dalam sebuah bisnis. Pelanggan adalah salah satu faktor besar yang menentukan jalannya bisnis. Untuk itu, kita harus memiliki strategi dalam menarik pelanggan. Dan juga membuat mereka setia pada produk kita.
 
Namun, pelanggan juga bukan orang yang bodoh. Kadang banyak pelaku bisnis yang sengaja membodohi pelanggan karena menganggap bahwa pelanggan tidak pintar. Padahal, sudah banyak pelanggan yang pintar dan cerdas lho, Hijabers. Lagipula ada banyak resiko dan kerugian bila Anda seringkali membohongi pelanggan. Apa saja?
 
1. Anda akan terus berbohong
Anda tidak mungkin berbohong satu kali. Untuk menutupi suatu kebohongan, Anda harus berbohong lagi dan lagi di kemudian hari. Nah, dalam berbisnis, Anda tidak mungkin terus menerus berbohong, karena hal itu tidak membuat Anda menjadi tenang.
 
2. Anda tidak akan berkembang
Karena merasa bisa membohongi pelanggan terkait kualitas, maka Anda pun selalu berbohong, dan tidak berusaha meningkatkan kualitas. Padahal, bisnis harus membuat Anda bisa berkembang, dan belajar banyak serta mengajarkan Anda bagaimana cara menjadi kreatif.
 
3. Memperburuk hubungan dengan pelanggan
Seperti kata pepatah "Sepandai-pandainya tupai melompat, suatu saat akan jatuh juga". Seseorang yang berbohong suatu saat akan ketahuan belangnya juga. Ketika kebohongan Anda ketahuan pelanggan, pada saat itu pelanggan akan kehilangan kepercayaan dan tidak mau menggunakan produk Anda. Tidak hanya itu, nama Anda pun bisa tercemar karena pelanggan tidak akan merekomendasikan produk Anda kepada orang lain.
 
Untuk itu, jangan pernah berniat untuk membohongi pelanggan. Lebih baik mendapatkan pelanggan yang tidak banyak, ketimbang mendapatkan banyak pelanggan tapi dengan cara yang tidak jujur. Toh, rejeki juga sudah ada yang mengatur kan?


RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top