Jalin Hubungan Baik Dengan Kompetitor Bisnis | DiaryHijaber.com

Writer : Intan Kirana Editor : Someone

Jalin Hubungan Baik Dengan Kompetitor Bisnis

Ada pepatah yang mengatakan bahwa bila kita berbisnis, bergaulah dan kenalilah sebanyak-banyaknya orang. Hal ini memang tidak salah, mengingat semakin sering kita bergaul dengan orang-orang yang membawa pengaruh positif, maka akan semakin maju langkah kita.
 
Nah, alih-alih menjauh dari saingan bisnis dan memusuhinya, lebih baik Anda menjadikan mereka sebagai sahabat, dan bertarung secara kompetitif serta tidak saling membenci. Apa saja alasannya?
 
1. Kompetitor bisnis dapat memberi Anda kesempatan
Ya, kompetitor bisnis dapat memberi Anda kesempatan: untuk berkembang. Semakin Anda mengenal kompetitor bisnis Anda, semakin semangat Anda untuk berkembang, karena Anda pasti terinspirasi dari dia, dan juga ingin mengungguli dirinya.
 
2. Kompetitor bisnis dapat memperluas jaringan
Dengan mengenal dekat kompetitor bisnis, maka Anda pun juga bisa berkenalan dengan kenalan-kenalan mereka,yang tentunya dapat bermanfaat bagi Anda. Untuk itu, meskipun berkompetisi tetapi tetaplah bersikap ramah dan rendah hati, serta jangan meremehkan orang lain.
 
3. Kompetitor bisnis bisa jadi partner
Siapa bilang kompetitor selamanya akan selalu bersaing? Apabila dua kompetitor menemukan kecocokan, atau ternyata saling melengkapi, ternyata bisa bekerja sama juga dalam berbisnis lho! Kesempatan ini tentunya sangat menyenangkan dan tentunya dapat membuat perusahaan Anda berkembang ke arah yang tak Anda duga sebelumnya.
 
4. Kompetitor bisnis sebagai pelajaran
Seorang kompetitor pastilah memiliki kelemahan. Jangan jadikan kelemahan itu untuk menyerang dan menjatuhkannya, tetapi, jadikanlah pelajaran yang dapat diterapkan ke perusahaan Anda, supaya tidak mengulangi kesalahan yang sama.
 
Nah, ternyata berkawan dengan kompetitor memiliki banyak manfaat, bukan? Ya, bisnis memang perkara persaingan untuk menjadi yang terbaik dan mendapatkan untung, tapi jangan sampai hal tersebut membutakan Anda dan membuat Anda menjadi tidak peduli kepada orang lain dan senantiasa berusaha menjatuhkan orang lain.


RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top