Dalam Bisnis, Kualitas atau Kuantitas? | DiaryHijaber.com

Writer : Intan Kirana Editor : Someone

Dalam Bisnis, Kualitas atau Kuantitas?

Dalam sebuah bisnis, semua penjual pasti ingin mencapai kualitas terbaik, dengan kuantitas yang juga maksimal jumlahnya. Sayangnya, sulit untuk memenuhi keduanya sekaligus, terutama apabila kita tidak memiliki modal yang besar. Untuk itu, kita harus memilih, apa yang mau kita tonjolkan, kualitas, atau kuantitas

Nah, penjualan pun berhubungan dengan keinginan pelanggan. Masalahnya, banyak yang bingung apakah pelanggan menginginkan kualitas ataukah kuantitas? Sebetulnya, pelanggan memerlukan keduanya, tetapi mereka tahu seringkali mereka tidak bisa mendapatkan keduanya. Jadi, kenali, pelanggan macam apakah yang menginginkan kualitas, dan mana yang menginginkan kuantitas? Berikut beberapa ciri pelanggan yang lebih mengedepankan kuantitas ketimbang kualitas:

1. Pelanggan yang ingin menjual kembali

Banyak pelanggan yang membeli barang untuk dijual kembali. Nah, pelanggan jenis ini, terutama bagi mereka yang ingin menjual barang semurah-murahnya, lebih memilih  banyaknya barang, supaya lebih murah saat dibeli dan tentunya mereka tak kehabisan stok. Untuk kualitas, selama kualitasnya tidak buruk dan mengecewakan, tidak mengapa bagi mereka.

2. Pelanggan yang menginginkan harga murah, koleksi barang banyak

Ada banyak pelanggan yang menginginkan harga murah, koleksi banyak. Seperti misalnya, pelanggan yang suka mengoleksi baju tidur atau baju santai. Nah, ketimbang membeli satu tetapi mahal, lebih baik mereka membeli banyak sekaligus, dan tidak apa-apa kalau kualitasnya kurang bagus, karena dengan cara ini, mereka merasa beruntung.

3. Pelanggan yang mengedepankan penampilan, tapi ingin harga murah

Ada pelanggan yang suka mengoleksi barang, katakanlah tas atau sepatu, tapi tidak ingin mengeluarkan banyak uang. Mereka lebih memilih membeli banyak tas atau sepatu murah, kualitasnya tidak terlalu baik, tetapi mereka bisa dapat banyak. Kalau rusak ya tidak apa-apa, toh harganya murah, dan juga mereka masih punya stok banyak.

Namun, ada pula pelanggan yang lebih mengedepankan kualitas. Seperti apakah mereka?

1. Pelanggan yang malas berbelanja rutin

Banyak pelanggan yang malas berbelanja rutin. Mereka ingin belanja sesekali saja, terutama barang yang bisa dipakai dalam waktu lama. Pelanggan seperti ini lebih mengedepankan kualitas, supaya barang yang mereka beli tidak cepat rusak

2. Pelanggan yang mengoleksi barang tertentu

Berbeda dengan pelanggan yang hobi mengoleksi barang banya, pelanggan yang hobi mengoleksi barang tertentu saja, biasanya menginginkan kualitas koleksi yang betul-betul baik dan tahan lama.

3. Pelanggan yang tidak suka punya banyak barang

Ada beberapa jenis pelanggan yang tidak suka dengan banyak barang di rumahnya. Pelanggan jenis ini jelas tidak akan memenuhi lemarinya dengan barang-barang berkualitas rendah. Mereka lebih suka memiliki barang sedikit, tetapi berkualitas tinggi agar tidak mubazir.



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top