Berbisnis dengan MLM, Perhatikan Hal Berikut | DiaryHijaber.com

Writer : Intan Kirana Editor : BL

Berbisnis dengan MLM, Perhatikan Hal Berikut

Kita tidak bisa memungkiri kalau berbisnis dengan sistem MLM (Multi Level Marketing) memang menggiurkan sekali. Selain tidak perlu menyiapkan produk sendiri, banyak tawaran menarik bila kita bergabung menjadi anggota dari sebuah MLM, seperti fleksibilitas saat bekerja, starter-kit berupa produk, bonus menarik, juga hadiah jalan-jalan ke luar negeri. Tidak mengherankan kalau banyak orang yang tertarik untuk bergabung dengan perusahaan berbasis MLM. Tapi Hijabers, ada beberapa hal lho yang harus kamu perhatikan sebelum bergabung dengan bisnis ini. Karena kalau kita tidak hati-hati, bukannya untung, bisa-bisa modal kita habis dan kita tidak mendapatkan apa-apa. Jadi, yuk perhatikan hal-hal ini sebelum bergabung dengan bisnis MLM!

 

  1. Perhatikan produknya

Banyak MLM yang menawarkan produk-produk “hantu” alias produk yang tidak jelas kualitas dan kegunaannya. MLM seperti ini biasanya hanya memajang produk sebagai kedok semata, sementara itu tujuan aslinya adalah mencari anggota sebanyak-banyaknya. Untuk itu, Hijabers perlu memperhatikan apakah MLM yang akan kamu ikuti punya produk yang baik dan berkualitas, serta apakah dia lebih berfokus pada penjualan produk, atau rekrutmen member.

  1. Jangan tergiur bonus super besar

Belum lama ini, pemerintah resmi mencabut izin usaha sebuah organisasi berkedok MLM yang dikenal dengan nama Dream For Freedom (D4F). Para anggota D4F diiming-imingi bonus investasi super besar dalam usaha online-shop dan ticketing Promonesia, padahal sepertinya hampir tidak ada klien yang berjual beli dan memesan tiket di website Promonesia. Tapi banyak anggota yang tidak peduli, karena toh mereka akan mendapatkan bonus super besar.

Nah, Hijabers harus hati-hati bila ada bisnis MLM yang mengiming-imingi bonus besar tanpa kerja keras, karena bisa jadi itu adalah money game, yang jelas-jelas haram dan dilarang oleh pemerintah. Seperti kata pepatah, there is no free lunch, tidak ada yang namanya uang banyak tanpa adanya usaha keras. Kalau ada, pastilah dilandasi penipuan terhadap anggota-anggota baru yang awam.

  1. Harga yang wajar

Pastikan harga yang ditawarkan untuk bergabung dengan MLM tersebut wajar dan tidak terlalu mahal. Pasalnya, biaya pendaftaran dan starter-kit yang kelewat mahal biasanya digunakan oleh bisnis-bisnis MLM yang berfokus pada permainan uang serta anggota, dan bukannya pada penjualan produk mereka.

  1. Ijin Usaha yang Transparan

Sebuah MLM semestinya memiliki Surat Ijin Usaha Penjualan Langsung (SIUPL). Jadi, sebelum bergabung, pastikan kamu cek terlebih dahulu apakah bisnis MLM tersebut sudah memiliki ijin usaha atau malah belum. Ijin ini penting lho, Hijabers, supaya bila ke depannya ada hal-hal yang tidak diinginkan, para anggota bisa menuntut hak mereka.

 

Nah, Hijabers, selain berhati-hati, kunci agar bisa sukses menjalankan bisnis MLM adalah tidak mudah menyerah dan memiliki koneksi yang baik dengan orang lain. Semangat ya!

(pict : pixabay.com)



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top