Apa yang Harus Diperhatikan Sebelum Resign? | DiaryHijaber.com

Writer : Intan Kirana Editor : Someone

Apa yang Harus Diperhatikan Sebelum Resign?

418 kali dilihat

Ada banyak alasan untuk resign. Seperti misalnya, ingin mencari pengalaman baru, tertarik dengan perusahaan lain, atau ingin membuka usaha sendiri. Sebetulnya, resign dari kantor jauh lebih mudah ketimbang saat di mana kita ingin masuk ke kantor tersebut. Hanya saja, sebelum menyerahkan surat pengunduran diri, Hijabers harus memperhatikan beberapa hal, supaya tidak menyesal di depan. Nah, Hijabers, apa sajakah hal tersebut?

1. Berpikir matang

Banyak orang yang memutuskan resign dalam keadaan emosi, mungkin saat menemukan masalah dalam perusahaan dan merasa muak. Pastikan kalian resign setelah berpikir baik-baik, dan bukan karena emosi sesaat.

2. Menyiapkan rencana

Jangan resign tanpa rencana. Setidaknya, buatlah rencana tentang apakah yang akan kalian lakukan setelah resign, berapa lama kalian akan beristirahat, dan apa saja langkah yang akan kalian ambil. Jangan kemudian merasa bingung tentang apa yang akan kalian lakukan sebelum resign.

3. Perhatikan kontrak kerja

Ada beberapa kontrak kerja yang menerapkan pinalti pada orang yang akan resign sebelum jangka waktu tertentu. Ada juga kontrak yang menerapkan sistem one month notice (kebanyakan perusahaan memberlakukan hal ini). Perhatikan dan teliti kontrak agar kalian tidak terkena dampak buruk karena resign. Perhatikan juga waktu yang tepat.

4. Siapkan perkataan yang baik

Bila kalian telah mantap untuk resign, bicaralah baik-baik dengan atasan. Kemukakan alasan yang logis dan sopan, dan jangan gunakan emosi saat berbicara. Yakinkan atasan bahwa keputusan ini sudah kalian pikirkan matang-matang.

5. Siapkan kenang-kenangan

Ada baiknya, berilah “kenang-kenangan” terakhir pada kantor kalian sebelum resign. Misalnya, dengan memesan makanan untuk dimakan bersama-sama sehari sebelum kalian resign. Pamitlah baik-baik dengan seluruh rekan di kantor, dan bilanglah pada mereka bahwa kalian sangat beruntung telah diberi kesempatan untuk bekerja dengan mereka.



RELATED ARTICLE