Apa Saja yang Membuat Kita Boros? | DiaryHijaber.com

Writer : Intan Kirana Editor : Someone

Apa Saja yang Membuat Kita Boros?

414 kali dilihat

Penghasilan per bulan sudah cukup lumayan. Cicilan juga tidak banyak. Namun mengapa rasanya uang selalu kurang? Hmm, mungkin ada beberapa gaya hidup yang tidak Hijabers sadari, sedikit demi sedikit membuat pengeluaran kalian menjadi berlebih.

Sebetulnya, cukup atau tidak cukupnya penghasilan kalian, tergantung pada bagaimana kalian mengatur keuangan. Banyak orang yang berpenghasilan tinggi, tapi selalu merasa kurang. Ada pula yang berpenghasilan rendah, tetapi bisa menabung dan tidak merasa kekurangan. Nah, Hijabers, kalau begitu, kita simak yuk, apa saja sih hal-hal yang membuat kita boros dan sulit untuk menabung?

 1. Standar makanan yang terlalu tinggi

Pada dasarnya, manusia sudah merasa cukup hanya dengan makan yang bergizi, empat sehat lima sempurna. Hanya saja, seringkali kita tergoda untuk makan-makanan yang mewah, di tempat makan yang nyaman. Ini bukan perkara kebutuhan lagi, tapi nafsu sesaat. Cobalah untuk tidak terlalu tergoda dengan makanan yang mahal, dan merasa cukup dengan makanan dengan harga yang realistis dan sesuai dengan kantong kita

 2. Ajakan nongkrong yang terus berdatangan

Nongkrong adalah salah satu hal yang sukses membuat kita boros. Bayangkan saja, satu gelas minuman yang kita beli saat nongkrong saja sudah bisa digunakan untuk dua kali makan, lho! Terutama kalau kita nongkrong dan hang-out di tempat yang mewah. Menjalin silaturahmi dengan kerabat dan teman memang baik, tetapi sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan kalian.

 3. Tergoda barang – barang baru

Lipstik matte, eye shadow, dan kosmetik lain memang selalu menggemaskan. Tetapi membeli barang-barang tersebut hanya karena “punya teman kelihatan lucu sih”, padahal kosmetik kita belum habis, rasanya benar-benar buang uang. Hindari diri dari godaan seri make-up yang terus berdatangan, dan hanya beli peralatan tersebut bila milik kita sudah habis.

 4. Malas mencari alternatif kendaraan umum

Misalnya, kita mau pergi ke suatu tempat. Waktu masih banyak, dan ada alternatif kendaraan umum yang murah seperti KRL dan TransJakarta. Tapi karena malas, kita memutuskan untuk naik taksi. Hal ini pun berulang di kesempatan lain.

 

Hijabers, hal-hal yang mahal memang lebih nyaman, tapi sekali lagi, sesuaikan dengan kemampuan kita ya. Selama masih ada alternatif lain yang lebih murah, sama-sama aman, dan juga masih bisa kita jangkau, kenapa tidak?

 5. Keinginan untuk terlihat mewah

Banyak orang yang rela menghabiskan uang untuk membeli barang-barang sandang hanya agar terlihat mewah. Tak hanya itu, banyak juga yang kemudian memaksakan diri untuk mengikuti gaya hidup yang sebetulnya tak bisa mereka raih.

 

Kalau pendapatanmu tidak cukup banyak untuk membayar perawatan tubuh bulanan yang mahal, dan barang-barang branded, jangan dipaksakan ya. Karena nantinya, kamu sendiri yang akan merasa lelah dan membuang-buang waktu. Lagipula, perilaku tersebut adalah perilaku konsumtif yang mubazir dan membuat kita seperti membohongi diri sendiri.

 

***

Yang terpenting Hijabers, selalu sisihkan uang untuk menabung, dan biasakan untuk tidak menghabiskan seluruh penghasilanmu ya! Tabungan sangat penting untuk keperluan mendesak dan juga bisa menjadi modal untukmu berbisnis suatu saat nanti.


Artikel Terkait Lainnya..
Hal-Hal yang Membuat Boros Saat Berbelanja

RELATED ARTICLE