Apa Perbedaan Sales dan Marketing? | DiaryHijaber.com

Writer : Intan Kirana Editor : Someone

Apa Perbedaan Sales dan Marketing?

Setiap bisnis dan perusahaan memiliki tim marketing dan juga sales. Banyak orang menganggap bahwa kedua posisi itu sama. Padahal tidak. Meskipun memang, keduanya saling berkaitan. Marketing dan sales senantiasa saling berkoordinasi dalam sebuah perusahaan.

Tapi memang masih banyak orang yang bingung terkait perbedaan kedua pekerjaan ini. Nah, untuk itu, berikut kami paparkan perbedaan sales dan marketing. Apa saja perbedaannya?

1. Marketing memikirkan masa depan, sales masa kini

Marketing bertugas untuk memikirkan serta membuat strategi pemasaran pada jangka ke depan. Sementara itu, sales memikirkan pemasaran dan penjualan barang pada saat ini. Dalam pembuatan strategi, marketing juga turut memikirkan siapa saja yang kira-kira bisa disasar oleh produk mereka.

2. Marketing perencana, sales eksekutor.

Nah, karena marketing membuat strategi pemasaran, maka marketing bisa dikatakan sebagai perencana. Marketing membuat sebuah desain besar tentang dari mana saja perusahaan kira-kira bisa mendapatkan untung dalam jangka panjang. Sementara itu, sales adalah eksekutornya. Sales berfungsi untuk memasarkan produk hingga pihak-pihak yang disasar tertarik dengan produk sebuah perusahaan.

3. Hasil pekerjaan

Hasil pekerjaan seorang sales dapat langsung dilihat melalui jumlah orang yang tertarik dan setuju dengan apa yang ditawarkan oleh sales yang bersangkutan. Untuk sales, ada target-target dengan bentuk angka. Sementara itu, kinerja marketing penilaiannya luas. Bisa dari brand awareness, bisa dari pemberitaan yang baik, tapi bisa juga dari angka penjualan.

4. Hubungan dengan pelanggan

Marketing menjaga hubungan “jangka panjang” dengan pelanggan. Memastikan citra perusahaan senantiasa baik dan pelanggan akan selalu setia, kalau perlu menjadi “perpanjangan lidah” yang menceritakan nilai-nilai positif produk atau perusahaan. Berbeda dengan marketing, sales lebih menjaga hubungan hingga mencapai target dan persetujuan dengan klien.

 

Nah, itulah beberapa perbedaan antara tugas marketing dan sales dalam perusahaan. Namun sebetulnya, keduanya punya tujuan yang sama: meningkatkan penjualan. Dan untuk menjadi baik marketing ataupun sales, dibutuhkan kemampuan berinteraksi dengan orang lain yang cenderung persuasif.


Artikel Terkait Lainnya..

RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top