Trick Terbebas dari Hutang Konsumtif | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Trick Terbebas dari Hutang Konsumtif

516 kali dilihat

Tidak banyak orang menyadari bahwa utang konsumtif merupakan salah satu faktor yang menjadi beban keuangan setiap bulan. Karena itu, kini saatnya mengevaluasi keuanganmu, apakah sudah benar-benar terbebas dari utang konsumtif?

 

Buat anggaran untuk jajan

Sedikit-sedikit, lama-kelamaan menjadi bukit. Begitu halnya dengan utang. Mungkin kamu berpikir tagihan kartu kredit untuk nongkrong di coffee shop atau makan di tempat favorit nggak akan banyak. Namun bayangkan bagaimana kalau dalam satu bulan kebiasaan tersebut rutin dilakukan. Karena itu, anggarkan pengeluaran untuk jajan dan coba tahan diri dari godaan penggunaan kartu kredit tiap waktu.

Alokasi dana hiburan

Selain makan dan nongkrong, kegiatan lain yang juga sering menjerat lehermu dengan hutang konsumtif adalah hiburan, seperti nonton di bioskop atau mengunjungi tempat hiburan lain. Kamu bisa sesuaikan pos pengeluaran untuk hiburan berdasarkan hobi dan mengurangi anggaran lain, untuk jajan atau ngopi, misalnya. Gunakan dana sesuai anggaran, lagi-lagi untuik menghindarimu mengandalkan kartu kredit.

Bayar lunas keperluan bulanan

Umumnya, orang membeli keperluan bulanan menggunakan kartu kredit. Diskon, promo, hingga hadiah langsung pun jadi alasannya. Namun harus diingat, sekalipun menggunakan kartu kredit, pastikan langsung melunasinya untuk menghindari utang menumpuk. Kartu kredit seharusnya jadi penyelamat di saat mendesak, bukannya malah memancingmu untuk “gali lubang-tutup lubang”, Hijabers. Yuk, merdekakan dirimu dari utang konsumtif dengan langkah di atas.

 

Nah dengan cara simpel di atas semoga Hijabers dapat dengan mudah mengaplikasikannya di kehidupan. Selain itu Hijabers pun dapat memanage pengeluaran dengan baik. Good luck.



RELATED ARTICLE