Membangun Kerja Sama Tim di Tempat Kerja | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Membangun Kerja Sama Tim di Tempat Kerja

Kerja sama tim sangat dibutuhkan di lingkungan kerja. Perusahaan hanya bisa berkembang jika orang-orang di dalamnya memiliki keinginan untuk membesarkan perusahaan dan menyisihkan kepentingan pribadi. Nah, hal pertama yang harus dilakukan untuk mewujudkan teamwork atau kerja sama tim yang baik adalah menciptakan tujuan tim secara jelas. Tentukan harapan yang ingin dicapai oleh tim secara spesifik. Untuk itu, kamu dan rekan kerja sebaiknya mengadakan rapat rutin dan memastikan komunikasi berjalan dengan baik.

Bangun kepercayaan dalam tim dengan membuat mereka berani mengutarakan opini. Jangan langsung mematahkan pendapat seseorang, karena itu akan membuat mereka menahan diri untuk bicara. Ciptakan juga komunikasi timbal-balik sehingga anggota tim bisa saling memberi kritik tanpa terkesan menjatuhkan.

Untuk menciptakan kedekatan antarindividu, tidak ada salahnya sesekali mengadakan kegiatan bersama. Makan siang atau makan malam yang dilakukan secara rutin merupakan contoh sederhana kegiatan yang bisa mengakrabkan anggota tim. Dengan berinteraksi di luar lingkungan kerja, sesama anggota akan saling mengenal secara personal.

Nggak ada salahnya juga, lho, memberikan penghargaan bagi anggota tim yang bekerja dengan maksimal. Mereka akan merasa dihargai sehingga lebih bersemangat lagi berkreasi. Penghargaan tersebut bisa berupa insentif. Ciptakan kompetisi yang sehat di dalam tim, tetapi tetap fokus pada tujuan bersama.

Teamwork bisa berhasil jika masing-masing anggota melakukan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi mereka. Jika ada anggota tim yang belum memiliki keahlian tertentu, bantu mereka mendapatkannya melalui training atau pelatihan. Dan untuk menjaga kinerja tiap anggota tim, lakukan pula pemeriksaan hasil kerja. Pemeriksaan rutin ini untuk mengetahui perkembangan pekerjaan, kendala yang dialami, hingga sebagai pertimbangan penting sebelum mengambil keputusan-keputusan besar di tengah perjalanan mencapai tujuan perusahaan.



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top