Gaya Hidup Islami | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Gaya Hidup Islami


Hijabers, berhijab bukan hanya tentang menjaga dirimu saja, tetapi kamu wajib tahu bagaimana menjadi seorang muslimah seutuhnya.  Sebagai seorang muslimah, hidup kita sejak tidur hingga bangun tidur setiap harinya harus dilakukan sesuai dengan syariah. Tahukah kamu, di dalam Islam ada 3 pilar yang harus kita pahami yaitu akidah, syariah dan akhlak. Akidah adalah pengakuan keesaan kita kepada Allah SWT, syariah adalah petunjuk sesuai dengan sumber hukum Al Quran dan Sunnah yang mengatur kehidupan manusia dengan Sang Khalik dan kehidupan manusia dengan manusia lainnya. Sedangkan akhlak mengajarkan tata nilai yang harus digunakan dalam kehidupan sehari-hari misalnya dalam pergaulan, makan,minum serta berpakaian.

Apakah kamu pernah mendengar tentang muamalah?. Muamalah adalah hal-hal yang termasuk dalam pemenuhan kebutuhan jasmani baik sosial, ekonomi, budaya, keuangan dan politik. Dalam bermuamalah, telah jelas diterangkan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh.

Berbicara mengenai muamalah di berbagai industri sekarang sudah semakin berkembang. Ada bank syariah, asuransi syariah, pegadaian syariah, salon syariah, penjaminan syariah, hotel syariah, MLM syariah dan masih ada beberapa jenis bidang lainnya yang menggunakan Al Quran dan Sunnah sebagai dasar hukum bisnisnya.

Hijabers, tahukah kamu asal mula asuransi syariah?

Al Aqilah - sebuah konsep saling memikul atau bertanggung jawab untuk keluarganya. Jika salah seorang dari anggota suatu suku terbunuh oleh anggota satu suku yang lain, maka saudara terdekat si pembunuh harus membayar sejumlah uang (diyat/uang darah) kepada pewaris korban sebagai kompensasi. Saudara terdekat dari pembunuh disebut Aqilah. Lalu mereka mengumpulkan dana (al-kanzu) yang diperuntukkan membantu keluarga yang terlibat dalam pembunuhan tersebut.

Ibnu Hajar Al-Asqolani mengemukakan bahwa sistem Aqilah ini diterima dan menjadi bagian dari hukum Islam. Salah satunya adalah Sun Life Financial Indonesia (Sun Life). Sun Life mengutamakan azas tolong-menolong, saling menanggung diantara para peserta melalui pembentukan dana tabarru’ (dana kebajikan/hibah) yang dikelola secara syariah dalam menghadapai musibah. Hal ini persis seperti yang dituliskan di dalam Alquran, surat Al Maa’idah ayat 2, yang artinya,

...“Dan tolong menolonglah kamu dalam mengerjakan kebajikan dan taqwa danjangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran”.

Hijabers, Sun life Financial Syariah menghindari transaksi dengan riba (bunga uang), masyir (judi) dan gharar (ketidakpastian). Selain itu, transaksi syariah di dalamnya juga tidak mengandung makanan dan minuman yang tidak sesuai syariah baik yang diperdagangkan, diolah ataupun yang didistribusikan.

Tentang Sun Life Financial

Sun Life Financial juga merupakan perusahaan penyedia layanan jasa keuangan international terkemuka yang menyediakan beragam produk proteksi, serta pelayanan nasabah baik individu maupun korporasi. Sun Life Financial dan mitranya kini telah beroperasi di pasar-pasar utama di seluruh dunia, di Kanada, Amerika Serikat, Irlandia, HongKong, Filipina, Jepang, Indonesia, India, China, Australia, Singapura, Vietnam, Malaysia, dan Bermuda.  Per 30 September 2015, grup Sun Life Financial memiliki asset kelolaan sebesar CDN 846 miliar. Sun Life Financial diperdagangkan di Toronto (TSX), New York (NYSE), dan bursa saham Filipina (PSE) dengan kode saham SLF. Di Indonesia, Sun Life Financial mulai beroperasi di tahun 1995.

Sun Life Financial Indonesia merupakan anak usaha yang sepenuhnya dimiliki Sun Life Financial. Kami menawarkan beragam produk proteksi dan pengelolaan kekayaan, dari asuransi jiwa, pendidikan, kesehatan dan perencanaan pensiun. Sun Life Financial Indonesia bermitra dengan lembaga keuangan nasional dan multinasional yang terkemuka untuk menjalankan strategi kami yang tersebar melalui berbagai jalur dan menyediakan akses yang lebih luas untuk solusi asuransi kami.

Semoga dengan artikel tentang Sun Life Financial Syariah ini para Hijabers bisa semakin memahami dan berfikir tentang arti dari pelayanan proteksi secara syariah. Tunggu artikel berikutnya yah..




RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top