DiaryHijaber
Cara Sehat Selama Berpuasa | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Cara Sehat Selama Berpuasa

Assalamualikum. Sebentar lagi kita berada di bulan Ramadan, bulan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan. Rasa senang mulai menyelimuti hati membayangkan akan ketemu dengan bulan mulia. Bulan yang didalamnya terdapat Lailatul Qadar, Nuzulul Quran dan pastinya ibadah yang kita lakukan bernilai lebih dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Selain mempersiapkan diri dengan memperbanyak ibadah kita pelajari juga asupan yang sehat yang perlu kita lakukan selama di bulan Ramadan.

Makanan dan minuman yang menyehatkan di bulan Ramadan akan sangat membantu kita untuk menjalani puasa dengan baik sehingga kita dapat tetap beraktifitas dan menjalani puasa dengan khusuk. Berikut ini adalah tips makanan sehat untuk semua usia terlebih-lebih sangat baik untuk usia lansia.

PAPDI (Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam)


Dari dr. Edy Rizal Wahyudi, SpPD, KGer, FINASIM dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, memberikan tips lancar jalani puasa secara umum untuk seorang berusia lanjut dan juga semua kalangan.

 

Berikut adalah tips yang diberikan :

 

1. Saat sahur usahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi. Pasalnya, dua asupan tersebut membuat metabolisme berjalan cepat. Sehingga cepat mendatangkan rasa haus meski tak terdehidrasi.

2. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi. Contohnya gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah.

3. Saat berbuka puasa dianjurkan untukmengonsumsi kurma karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Dengan kurma, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perlahan dipenuhi.

4. Mengonsumsi pisang saat berbuka sangat baik bagi tubuhmu, sebab pisang merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat.

5. Batasi makanan yang digoreng saat berbuka, karena dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh. Hal ini karena seorang yang sudah di usia lanjut cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan lemak, seperti penyakit jantung, cc koroner dan hipertensi.

6. Batasi makanan yang lebih cepat dicerna, seperti gula. Hal ini bisa cepat mendatangkan rasa haus di tengahmu menjalanipuasa nantinya.

7. Konsumsi air atau jus buah antara berbuka puasa dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh agar lancar beraktivitas esok harinya.

8. Hindari terlalu banyak makanan es, karena memudahkanmu merasa kenyang. Dimana asupan makanan gizi yang lengkap akan menurun karena tak bisa masuk dalam tubuh.

 


Sering kali setelah kita berbuka, kita memakan makanan yang tanpa kita lihat terlebih dahulu apakah itu baik bagi kondisi tubuh kita. Misalnya saja, berminyak atau terlalu pedas. Jadikan diri tetap sehat di bulan puasa agar aktifitas dapat dijalankan sesuai apa yang kita harapkan. Amiin.



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top