DiaryHijaber
Cara Mudah Memperkenalkan Perencanaan Keuangan Syariah | DiaryHijaber.com

Writer : Someone Editor : Someone

Cara Mudah Memperkenalkan Perencanaan Keuangan Syariah

Hijabers, hingga saat ini, masih banyak orang yang ragu mempercayakan perencanaan keuangannya pada lembaga investasi syariah. Padahal, banyak sekali keuntungan yang bisa didapat. Salah satu kendalanya adalah banyaknya istilah berbahasa Arab yang sulit dipahami masyarakat. Maka, cara untuk memudahkan pemahaman dalam perencanaan keuangan syariah adalah menggunakan istilah dalam Bahasa Indonesia.

Dalam seminar “Merencanakan Keuangan secara Syariah” di Main Hall Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, pada Jumat (1/4) lalu, Safir Senduk mengatakan bahwa perencanaan keuangan secara syariah berdasarkan pada prinsip syariat Islam. Namun kerap muncul pertanyaan dari masyarakat, yakni bagaimana perbedaan pengelolaannya dengan konvensional? Bisa diartikan, perencanaan keuangan syariah memiliki batasan-batasan tertentu, yakni hukum Islam, dalam pengelolaannya. Ini tentu berbeda dengan cara konvensional.

Safir pun mengakui bahwa ketika mempelajari perencanaan keuangan syariah, yang ada dalam pikirannya sangatlah ribet. Pasalnya, banyak istilah bahasa Arab yang membuatnya harus berpikir dua kali untuk lebih paham dan mengerti. Contohnya, bagi hasil yang istilah Arab-nya Mudarabah.

“Kita ini orang Indonesia, kenapa nggak sebut saja bagi hasil. Saya percaya bahwa perencanaan keuangan syariah itu bisa mudah, asalkan istilahnya disesuaikan. Kita berkomunikasi dengan bahasa Indonesia untuk lebih memahaminya,” ungkap Safir. Perencanaan keuangan syariah secara individu bisa dipermudah dengan menyebutnya menggunakan Bahasa Indonesia. Kecuali, lanjutnya, kalau kita ingin menjadi sarjana ekonomi syariah, istilah-istilah Arab itu memang sangatlah penting dipelajari.

Safir pun menjelaskan agar perencanaan keuangan syariah lebih simpel dan makin dikenal oleh masyarakat, lakukan pendidikan dalam keluarga inti, di mana ada ayah, ibu, dan anak memiliki fungsi masing-masing. Orangtua yang mengerti soal keuangan syariah dengan baik harus mulai bergerak dengan memberikan pengenalan dan pemahaman tentang prinsip pengelolaan keuangan sesuai syariat Islam ini kepada buah hati, kemudian langsung menerapkannya dalam keseharian sehingga mendarah daging dalam keluarga dan hidup pun menjadi lebih berkah. Amiin.



RELATED ARTICLE

comments powered by Disqus
Top